Jumlah e-Commerce di Indonesia Ada 26,2 Juta

Indonesia Akan Menjadi Pasar e-Dagang Terbesar di Dunia (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Perkembangan usaha perdagangan berbasis online (e-commerce) di Indonesia menunjukkan angka yang signifikan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan saat ini total jumlah e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta.

Dari Sensus Ekonomi 2016 yang dilakukan BPS, terjadi peningkatan jumlah e-commerce di Indonesia. Dalam ‎kurun waktu 10 tahun, jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17 %.

“Sampai sekarang kita baru tahu jumlah usahanya saja. Bahwa dari tahun 2006-2016, naik 17 % . Jadi total jumlah usahanya sekitar 26,2 juta,” ungkap Suhariyanto Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kamis (15/9/2016) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta.

Hanya saja, BPS belum merampungkan data rinci terkait jenis usaha dan lokasi tempat e-commerce beroperasi. Data tersebut akan disajikan saat BPS mengumumkan hasil Sensus Ekonomi 2016 di akhir tahun ini.

“Kita belum sampai ke sana. Jadi baru jumlah usaha per provinsi, per pulau, pergeseran jumlah usaha. Tapi jenis usahanya nanti Desember,” kata Suhariyanto lagi.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY