ITX, Marketplace Industri Pariwisata Dari Telkom

Menteri Pariwisata Arief Yahya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata RI III di Ancol, Jakarta. (Foto: Kemenpar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menghadirkan Indonesia Tourism eXchange (ITX). Ini adalah platform digital marketplace yang menghubungkan seluruh ekosistem pariwisata. Ini diharapkan dapat mengantar pariwisata Indonesia mendunia.

“ITX akan menjadi platform untuk seluruh ekosistem pariwisata Indonesia, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Ini adalah salah satu langkah pariwisata Indonesia untuk mendunia dan bersaing dengan negara-negara lainnya, “ kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata RI III yang berlangsung baru-baru ini di Gedung Ecovention, Ecopark Ancol, Jakarta.

Platform ini merupakan ITX karya dari PT Telkom. “Sektor pariwisata adalah salah satu fokus Pemerintah saat ini. Untuk itu, Telkom dengan infrastruktur dan layanan solusi telekomunikasi yang dimiliki, berkomiten penuh mendukung program Kementerian Pariwisata, salah satunya melalui ITX, sebuah platform yang siap meng-onlinekan pariwisata Indonesia,” ungkap Honesti Basyir, Direktur Wholesale & International Service Tekom.

Honesti menjelaskan, secara umum platform ITX bertindak sebagai penghubung antara penjual yakni kawasan wisata, hotel, penyedia layanan transportasi dan penyelenggara event dan lainnya, dengan pembeli yaitu travel agent dan operator perjalanan. Baik pembeli maupun penjual dari berbagai segmen dapat bergabung dan menjalankan kegiatan bisnisnya secara online di ITX.

“Keseluruhan layanan yang ada di dalam ITX ditujukan untuk memudahkan seller dan buyer untuk berinteraksi sehingga memberikan dampak positif terhadap sektor Pariwisata dari sisi pendapatan maupun jumlah wisatawan,” tegas Honesti.

Dia memaparkan platform ITX memiliki tiga keunggulan , yakni comprehensive, cost effective dan customer experience. ITX dinilai comprehensive sebagai platform yang menggabungkan seluruh ekosistem pariwisata baik makro maupun mikro dengan berbagai skala bisnis secara online (Tourism Open Market Place).

Hal ini menjadikan kegiatan bisnis berjalan lebih efektif dan efisien, termasuk dalam aspek biaya (cost effectiveness). Dengan sistem berbasis online yang konsisten dan proses yang secure, ITX memberikan customer experience baru dan kenyamanan bagi seluruh penggunanya.

Selain untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia mendunia, platform ITX juga memberikan keuntungan bagi seller dan buyer yang bergabung di dalamnya. Bagi seller, ITX memberikan kemudahan dalam hal promosi maupun booking system yang affordable, memberikan kesempatan luas untuk terhubung dengan berbagai macam buyer dan meraih market yang lebih besar.

“Sementara itu bagi buyer, ITX mempermudah untuk mendapatkan inventori yang lebih banyak dan beragam sehingga paket pariwisata yang ditawarkan ke wisatawan menjadi lebih bervariasi,” pungkas Honesti.

Hingga saat ini, sudah lebih dari ribuan hotel baik hotel skala besar maupun boutique hotel, kawasan wisata, puluhan travel dan tour operator baik yang berbasis onlin maupun yang masih offline, terhubung dengan platform ITX. Nantinya ITX juga akan terhubung ke target market yang ada di negara origin yang telah ditetapkan.

STEVY WIDIA