ITB Masih Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Institut Teknologi Bandung buka kelas di Cirebon. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - – Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga internasional yang menjadi acuan ulasan perguruan tinggi dunia, seperti: 4icu.org (International Colleges and Universities) dan webometrics.info (Ranking Web of Universities), ITB masih menjadi perguruan tinggi yang unggul di Indonesia.

Menurut daftar yang dirilis oleh 4icu.org pada awal tahun 2016 ini, ITB menempati peringkat pertama di Indonesia dan menduduki peringkat ke-57 se-Asia. Sementara itu, untuk hasil survei dan analisis webometrics.info, ITB menempati urutan kedua di Indonesia—di bawah Universitas Indonesia.

Pada tahun lalu, Direktorat Kelembagaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) juga mengeluarkan daftar pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. ITB kembali menempati posisi sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan nilai 3.743 (skala 4) dari sekitar 130 perguruan tinggi negeri dan 4000 perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia.

Berdasarkan laporan Riset Dikti, ITB unggul dalam aspek riset dan publikasi ilmiah dimana hal tersebut dapat dilihat dari database indeks publikasi Scopus dan jumlah sitasi publikasi ilmiah.

Saat ini, ITB juga bertransformasi menjadi entrepreneurial university untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan entrepreneur di Indonesia yang masih dapat dikatakan minim dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

 

ANGGI AJI PUTRA

Editor : STEVY WIDIA