Intip dan Pelajari Sebelum “Meminang dan Dipinang” Lewat Company Reviews

Jobstreet.com luncurkan produk anyarnya: Company Reviews (Foto: Henni. T. Soelaeman/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menandai satu dasawarsa kehadirannya di Indonesia, penyedia informasi lowongan pekerjaan, JobStreet.com meluncurkan produk anyarnya, yakni Company Reviews.

Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang dan seluk beluk sebuah perusahaan secara transparan. Layanan ini diberikan karena setiap pencari kerja akan berusaha mencari tahu informasi seputar perusahaan yang akan dilamar. Sayangnya, terkadang para pencari kerja ini mendapatkan informasi yang kurang tepat karena informasi diberikan oleh orang yang belum pernah bersinggungan dengan perusahaan yang dilamarnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa Jobstreet.com meluncurkan Company Reviews.

Menurut Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim, informasi yang minim serta kurang tepat acapkali membuat para pelamar kerja, terutama Generasi Y (Gen Y) kurang berminat untuk memenuhi panggilan wawancara.
Sementara itu, Chief Product Officer SEEK Asia (induk perusahaan JobStreet.com) Jake Andrew, mengatakan, “Dengan memanfaatkan fitur baru ini, pencari kerja akan mengetahui hal-hal berkaitan dengan perusahaan yang dilamar karena pemberi informasi adalah para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan tersebut,” paparnya di acara Press Conference yang digelar di Jakarta (20/5).

Diungkapkan Faridah, dari hasil riset yang dilakukan oleh JobStreet.com terhadap lebih dari 10 ribu pencari kerja di Indonesia mengungkapkan bahawa ada 3.500 responden yang berasal dari Generasi Y atau Generasi Milenial mengaku akan berpindah kerja setelah 12 bulan. Alasannya, mereka tidak merasa bahagia, perkembangan karir yang lebih pesat, dan tunjangan gaji yang lebih besar. Pemicu dari alasan-alasan tersebut adalah pekerjaaan yang tidak sesuai dengan minat, lingkungan kerja yang kurang sesuai, atau hubungan yang tidak harmonis dengan atasan.

Dengan kehadiran Company Reviews ini, menurut Jake, pencari kerja akan mengetahui hal-hal berkaitan dengan perusahaan yang dilamar karena pemberi informasi adalah para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan tersebut. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemberi informasi, katanya, identitas mereka akan dirahasiakan karena semua ulasan bersifat anonim. Di sisi lain, perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap ulasan yang tersedia.
“Biasanya perbincangan mengenai lingkungan kerja dilakukan secara kasak-kusuk dan tertutup di antara teman-teman sendiri. Fitur Company Reviews menjadikannya terstruktur dan transparan,” imbuhnya.

Kedua belah pihak – pencari kerja dan penyedia kerja – memperoleh manfaat dari fitur baru ini. di mana pencari kerja mendapat informasi berharga mengenai perusahaan yang dilamar dari sumber yang terpercaya yakni para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan yang dilamar. Sedangkan bagi penyedia kerja akan menerima lamaran kerja dari orang-orang yang lebih antusias terhadap perusahaan, dan fokus pada pelamar yang lebih siap dengan lingkungan kerja.

Cara menggunakan fitur Company Reviews sangat mudah, tinggal kunjungi situs JobStreet (www.jobstreet.com). Ketika berada di laman utama, pencari kerja dapat mengklik kotak di sebelah kanan yang bertuliskan “Beri penilaian sekarang”. Selanjutnya, pencari kerja dapat memberikan ulasan tentang perusahaan mengenai hal yang baik dan hal yang perlu diperbaiki.Selain itu, pencari kerja juga dapat memberikan penilaian dengan memberikan nilai (berupa bintang) terhadap beberapa hal antara lain peluang pengembangan karier, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, lingkungan kerja, jajaran manajemen, tunjangan dan fasilitas, serta tingkat stress.

Selama 10 tahun kehadirannya di Indoensia, JobStrett.com telah melalui perkembangan pesat. Pada 2006, JobStreet.Com Indonesia hanya memiliki 120 ribu member para pencari kerja. Saat ini, jumlah membernya sudah mencapai 4,2 juta. Begitu pun dengan jumlah perusahaan yang beriklan di JobStreet.com. Saat ini, jumlah perusahaan yang bergabung di JobStreet.com mencapai 52 ribu perusahaan. Pada tahun pertama keberadaan JobStreet.com di Indoensia hanya kurang 1.000 perusahaan. Pencapaian ini mengantarkan JobStreet.com menjadi market leader di pasar online recruitment di Indonesia.

JobStreet.com menjadi bagian dari SEEK Asia, yang merupakan perluasan dari SEEK, perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Australia. SEEK Asia memiliki lebih dari 500 ribu members perusahaan dan 24 juta pencari kerja. Sebagai market leader di industri pencari kerja, JobStreet.com juga beroperasi di Malaysia, Singapura, Hongkong, Thailand, Filiphina, dan Vietnam. Sebanyak 230.000 perusahaan dan 15 juta pencari kerja terdaftar di database JobStreet.com.

“Kami selalu terdorong untuk memberikan pencari kerja kesempatan terbaik serta nilai layanan lebih kepada perusahaan dengan dedikasi tinggi pada pengembangan teknologi,” pungkas Jake Andrew.

HENNI T. SOELAEMAN