Indosat Ooredoo Kembangkan Smart City di Pemkot Pekanbaru dan Sukabumi

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M berjabat tangan dengan perwakilan manajemen Indosat Ooredoo, DH M2M & IOT Solutions, Hendra Sumiarsa saat menyerahkan Donasi Buku Digital secara simbolis kepada Pemerintah Kota Sukabumi (17/80 (Foto: Indosat Ooredoo/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sebagai bentuk komitmen membangun Indonesia Digital Nation, Indosat Ooredoo menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan Sukabumi untuk mewujudkan Smart City di kedua kota tersebut.

Kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan Sukabumi ini melalui penyediaan platform solusi Single Window City Dashboard bagi pemerintah kota, sebagai langkah mewujudkan Smart Society dalam kerangka Smart City.

Tidak hanya itu, Indosat Ooredoo juga meluncurkan aplikasi perpustakaan digital di Pekanbaru dan Sukabumi bernama i-Pekan dan i-Sukabumi. Melengkapi komitmen ini, Indosat Ooredoo juga menyerahkan donasi ribuan judul buku dalam bentuk digital kepada Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Kami berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi ICT bagi masyarakat Indonesia dengan menyediakan solusi Single Window City Dashboard bagi pemerintah kota guna memudahkan pemimpin kota melihat kondisi kota dalam satu layar analisa yang lengkap. Implementasi Smart City menjadi sebuah pondasi penting menuju masyarakat pintar yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, dan lebih transparan. Hadirnya perpustakaan digital juga kami tujukan untuk mendukung Smart Society,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Dengan komitmen mendukung transformasi kota menjadi Smart City dan solusi Single Window City Dashboard yang lengkap ditambah dengan aplikasi perpustakaan digital, Indosat Ooredoo mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Pekanbaru dan Sukabumi untuk ujicoba platform Smart City.

Melalui kerjasama ini, Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota akan bersama-sama memulai transformasi kota menuju kota cerdas. Solusi yang dilengkapi dengan smart city mobile apps ini mendorong partisipasi masyarakat lebih peduli kondisi kota, mendapatkan informasi penting, memberikan masukan bagi Pemerintah Kota Kabupaten serta interaksi langsung melalui smart phone. Kedepan nya platform ini akan terus dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang saling terintegrasi baik yang sudah ada maupun yang akan dikembangkan.

Sementara itu hadirnya aplikasi perpustakaan digital sebagai bagian dari kerjasama pembentukan Smart City ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota kini semakin peduli terhadap pemanfaatkan perkembangan teknologi solusi ICT untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakatnya. Perpustakaan digital pertama tersebut kini memiliki koleksi buku elektronik yang sangat lengkap dan langsung dapat dinikmati oleh masyarakat dengan mengakses aplikasi perpustakaan digital secara bebas biaya. Aplikasi perpustakaan digital ini adalah tahap awal untuk mewujudkan Smart City dengan mendorong minat baca masyarakat agar dapat mewujudkan Smart Society yang menjadi salah satu pilarSmart City berbasis teknologi Informasi.

 

RADEN DIBI IRNAWAN

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY