Indonesia Tuan Rumah ASIAN SME Conference 2016

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga membuka The 4th Asian SME Conference 2016. (Foto: Kemenkop&UKM/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Indonesia menjadi tuan rumah acara The 4th ASIAN SME Conference 2016. Forum internasional ini diharapkan dapat membangun komitmen kerja sama di antara negara-negara peserta untuk meningkatkan kapasitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan forum internasional ini bisa membangun komitmen kerja sama yang baik di antara negara-negara peserta untuk meningkatkan kapasitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM). “Ini yang kita harapkan dari pertemuan ini sehingga pertemuan ini yang sifatnya internasional bisa memberikan dampak positif bagi UKM kita yang ada di Indonesia,” kata Puspayoga dalam keterangan resmi Selasa (13/9/2016) malam pada The 4th Asian SME Welcoming Dinner, di gedung SME Tower, Jakarta.

The 4th ASIAN SME Conference 2016 berlangsung 13-17 September 2016 di Jakarta.

Pada kesempatan itu Puspayoga menegaskan, untuk bisa menembus pasar global UKM dalam negeri harus dibekali pelatihan yang memadai. Termasuk diberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk dan membuat kemasan yang menarik.

“Diberi pelatihan supaya bisa meningkatkan kualitas produknya, bagaimana bisa memberikan kualitas design produk-produk UKM kita untuk bisa bersaing di pasaran internasional. Ini yang kita butuhkan kerja sama ini sehingga ekspor kita bisa meningkat,” tambah Menkop dan UKM itu.

Pada kesempatan yang sama, President of Indonesia Council for Small Business (ICSB) Hermawan Kartajaya mengatakan, The 4th ASIAN SME Conference 2016 bisa menjadi momentum membawa Indonesia menjadi model pembinaan UKM se-Asia.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, saya merasakan itu. Di ICSB ini ada empat pilar harus kerja sama. Selain itu, ada LSM, masyarakat sipil. Kalau semua kerja sama maka UKM di Indonesia akan maju,” ucap Hermawan.

Ada 700 peserta termasuk 100 peserta dari 16 negara di luar Indonesia yang mengikuti acara bertajuk Small Business or Startups-Entrepreneurship, Productivity, Creativity. Untuk itu The 4th ASIAN SME Conference 2016 memiliki beberapa agenda seperti Industrial Visit, yakni mengunjungi perusahaan-perusahaan yang bermula dari UKM atau yang mendukung para UKM di Indonesia, yakni Astra dan Martha Tilaar.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY