Indonesia Perlu Kembangkan Teknologi Mobil Listrik

Mobil Selo, salah satu protipe mobil listrik Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tren mobil listrik semakin berkembang di dunia. Karena itu Indonesia tak hanya menjadi pasar dari pengembangan teknologi mobil listrik ini.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam acara Kongres Teknologi Nasional 2017 Senin (17/7/2017) di Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Menurut Luhut BPPT harus berperan dalam pengembangan mobil listrik di tanah air. Tujuannya agar Indonesia bisa memproduksi mobil listri, dan jangan sampai hanya menjadi pasar dari produsen luar negeri.

“Mobil listrik itu saya kira harus diantisipasi. Kami dorong BPPT, saya bicara Ketua BPPT Unggul Priyanto, ternyata sudah ada prototipenya, kami tunggu,” kata Luhut.

Kongres Teknologi Nasional digelar BPPT pada 17-19 Juli 2017, dengan bertempat di Gedung II BPPT, Jakarta. KTN kedua ini mengambil tema inovasi teknologi untuk daya saing dan kemandirian bangsa. Kongres akan berfokus pada tiga bidang, yaitu teknologi kesehatan, teknologi komunikasi dan informasi, serta teknologi transportasi.

Ketua BPPT Unggul Priyanto mengatakan di bidang transportasi, masalah besar yang dihadapi Indonesia adalah kecepatan, volume, dan keselamatan yang berdampak pada biaya tinggi dalam logistik dan perpindahan orang.

Penerapan teknolgi berupa transportasi massal dan integrasi intermoda sangat mendesak dilakukan. “BPPT akan mendorong inovasi yang dapat memberikan kontribusi langsung dalam pemecahan masalah ini,” kata Unggul.

STEVY WIDIA