Individu Pembuat Inovasi Perlu Dikelola

Program Indigo Creative Nation (indigo.id) untuk melahirkan technopreneur. (foto : Indigoincubator/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kesuksesan inovasi tidak hanya ditentukan kemampuan untuk membuat produk. Tetapi mengelola individu yang berkreasi di dalamnya. Tujuan ini yang ingin dicapai Indigo Creative Nation merupakan program inkubasi dan akselerasi startup digital Telkom yang dikelola bersama dengan MDI Ventures.

Untuk itu menegaskan komitmennya yang bukan hanya mencari dan memenangkan kontes startup.

“Kesuksesan inovasi tidak hanya ditentukan kemampuan untuk membuat produk. Namun, juga bagaimana Telkom mampu mengelola talenta sebagai insan yang berkreasi dan melahirkan produk yang lebih bermanfaat,” kata Arief Musta’in, EGM Divisi Digital Service PT Telkom pengelola program Indigo Creative Nation (ICn), belum lama ini.

Sejak digelar tahun 2009, ajang ini sudah diikuti 2.056 peserta. Dari jumlah tersebut, yang masuk program inkubator ada 55 startup dan sudah memperoleh ventura dari BUMN teknologi informasi komunikasi tersebut. Bahkan baru-baru ini melalui program immersion, Telkom memberangkatkan startup binaan Indigo Creative Nation ke Silicon Valley, Amerika Serikat pada 9-16 April 2016 lalu.

Kala itu, yang diberangkatkan perwakilan dari Kakatu (aplikasi parental control), AMTISS (aplikasi asset tracking management), dan Goers (aplikasi event discovery dan management).

Di Amerika Serikat, Niki Tsuraya Yaumi (COO) dan Anselmus Kurniawan (CTO) dari Goers, Muhammad Nur Awaludin (CEO) dari Kakatu, dan Ivan Faizal Gautama (CEO) dari AMTISS diajak mengikuti mentorship lebih dalam dari pendiri startup yang memberikan wawasan global kepada startup mereka. Mereka bertemu perwakilan Uber, Facebook, Apple, dan Google, serta venture capital ternama, Kleiner Perkins Caufield & Byers (KPCB).

Di Uber, diadakan pelatihan tentang product management & growth, kemudian bertemu komunitas developer Apple dan Google, serta ikut dalam F8 Conference yang merupakan acara developer tahunan Facebook.

Indigo Creative Nation merupakan program inkubasi dan akselerasi startup digital Telkom yang dikelola bersama dengan MDI Ventures. Startup peserta program ini akan menerima enam bulan dukungan inkubasi dan membuka akses ke pasar, bisnis, dan konsultan teknis.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY