Incar 200 Ribu Pelanggan Baru di 2016, XL Serius Kembangkan Ekosistem IoT

VP Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani ( kanan ) bersama Head of Internet of Things XL, Arifa Febrianty dalam acara pemaparan mengenai bisnis IoT oleh XL di Jakarta. Rabu (6/4). (Foto: Dok. XL)

YOUNGSTERS.id - Perusahaan operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) semakin serius mengembangkan bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini. Mengambil langkah lebih maju dari tren industri, XL tahun ini akan lebih fokus mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT.

Ekosistem di sini merujuk pada kemampuan menciptakan solusi atas kebutuhan industri dan masyarakat dengan jalan menggabungkan berbagai ragam perangkat yang ada di sekitar kita. Dengan terobosan ini, XL menargetkan setidaknya akan mampu menambah 200 ribu pelanggan IoT yang baru hingga akhir tahun nanti.

“Kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. Layanan IoT kini muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hampir semua sektor bisnis. IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan,” ujar Rafael Jeffry A. Sani, Vice President Digital Services Business XL, dalam acara pemaparan mengenai bisnis IoT di Jakarta. Rabu (6/4).

Menurut Rafael, untuk 2016, XL menargetkan meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT. Untuk itu, XL sudah menyiapkan “senjata”. “XL berusaha selalu selangkah lebih maju dibandingkan pelaku bisnis lainnya. Ketika mereka masih berfokus dengan komunikasi device to device (M2M), XL sudah mengembangkan lagi ekosistem dengan menyiapkan single platform yang sudah dilengkapi dengan aplikasi, device, network, yang di butuhkan oleh pelanggan,” klaim Rafael.

Dalam implementasinya, ada beberapa layanan yang sudah dipersiapkan guna menghadapi tahun 2016. Pertama, “Yubox”. Solusi ini menawarkan kemampuan dalam menyediakan koneksi internet wifi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara gratis. Saat ini  “Yubox” sedang di uji coba pada sarana transportasi umum kereta api, bus, serta armada “GrabCar” dari Grab Indonesia.

Kedua, “Savvy Smarthome”. Ini merupakan solusi yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah. Saat ini, layanan inovatif ini sedang ujicoba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dikembangkan juga untuk Apartemen Bassura City.

Juga, ada solusi “Smartcity”. Solusi berupa platform ini akan menawarkan kemudahan bagi  pemerintah daerah dan warganya untuk bisa mempermudah akses informasi seputar kebijakan pemerintah setempat mengenai berbagai sektor, kondisi kota, layanan publik, termasuk juga upaya menggalang partisipasi publik dalam proses pembangunan daerah.

Terakhir, layanan “Agnosthings”. Solusi ini berupa platform yang menyediakan semua kebutuhan pelanggan (e2e solution). Melalui solusi ini, pelanggan atau masyarakat akan bisa mengetahui informasi seputar kota, seperti antara lain lokasi rumah sakit terdekat, kantor polisi, halte bus, stasiun kereta, dan juga kantor layanan publik, semacam kantor pajak, layanan listrik dan air.

XL juga menerapkan berbagai konfigurasi teknologi untuk menunjang visi IoT tahun 2016. Beragam teknologi saling terhubung mulai dari level device atau sensor, network, aplikasi atau solusi, juga platform.

Hingga kuartal pertama 2016, layanan IoT XL memiliki sekitar 650 ribu pelanggan. Sebagian besar merupakan pelanggan dari lini bisnis, terutama sektor otomotif, utility, serta finansial dan perbankan. Ada 6 produk yang sudah ditawarkan, yaitu Yubox, SIMPLY, SAVVY Smarthome, Multi Carrier Access (MCA), XLocate, dan Xmart City.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA