IdeaFest 2016, Gebrakan Kreativitas Anak Muda

Ideafest 2016, berlangsung pada 23-24 September 2016 di JCC, Jakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - IdeaFest 2016 festival kreatif ini kembali digelar. Kali ini fokus pada beragam even yang dapat memberikan inspirasi pada anak muda Indonesia untuk terjun dan menggebrak Indonesia melalui kreativitas.

Ideafest akan berlangsung selama dua hari, 23-24 September 2016, di Jakarta Confention Centre (JCC), Jakarta. Festival yang mengusung tema SHIFT(THINK) akan menggelar kelas-kelas dengan tema dan pembicara yang inspiratif. Akan ada sembilan ruangan kelas dengan hampir 200 pembicara yang disuguhkan. Temanya beragam, dari inspirasi bisnis, mengelola ide kreatif, memproduksi konten kreatif, menjangkau audiens di dunia digital dan banyak lagi.

“IdeaFest 2016 hadir untuk membekali anak-anak muda untuk membawa perubahan dengan cara yang lebih kreatif dan berdampak bagi lingkungan sekitarnya,” ujar Chaerany Putri, Festival Director IdeaFest 2016, saat ditemui Jumat (23/9/2016) di JCC.

Dia menjelaskan pada hari pertama ini diawali dengan gelaran kelas-kelas inspirasi dengan sejumlah pembicara ternama juga turut tampil dan berbagi pengalaman mereka. Di antaranya adalah Chelsea Islan (Aktris), Hadi Wenas (CEO Mataharimall.com), Nia Dinata (Sutradara film), Billy Boen (Young on Top), Benakribo (Indovidgram), Yoris Sebastian (OMG Consulting) dan banyak nama lainnya.

Untuk hari kedua esok, Sabtu,(24/9/2016),serangkaian konferensi dengan pembicara-pembicara yang menarik. Di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Triawan Munaf, Hooi Ling Ta (Grab), Gwendolyn Regina (Mashable), Ridwan Kamil, Rene Suhardono, dan Anies Baswedan.

Selain menyajikan sesi Selama dua hari, 23-24 September 2016, dan konferensi bersama 150 pembicara inspiratif di bidang ekonomi kreatif, festival IdeaFest 2016 juga menghadirkan Indovidfest. Menurut Co-founder IdeaFest Benhard Subiakto, Indovidfest adalah sebuah festival video kreatif terbesar di Indonesia. Para penampil yang akan memberikan pertunjukkan langsung adalah content creator Indonesia yang tergabung komunitas video kreatif Indovidgram.

Pria yang karib disapa Ben itupun memaparkan alasan mengapa IdeaFest berkolaborasi dengan Indovidgram. Menurutnya, dengan kemajuan digital yang ada saat ini gaya hidup masyarakat pun berubah.
“Sekarang semuanya dilakukan dengan aplikasi. Saat ini terjadi pergeseran konsumsi masyarakat ke arah digital. Ambil contoh saat menonton tayangan yang sebelumnya hanya menggunakan televisi kini bisa dilakukan dengan channel lain, misalnya media sosial,” kata Ben.

Co-Founder Indovidgram Benazio ‘Benakribo’ Rizki Putra pun merasa senang bisa bergabung dengan IdeaFest. Menurutnya, di tengah merebaknya media sosial, content creator bisa mengungkapkan ide dan gagasannya menjadi sajian yang kreatif.
Benakribo juga menerangkan, contect creator lebih dari sekadar orang-orang yang menciptakan video, tetapi mereka juga menuangkan ide dan karya-karya kreatifnya melalui laman berbagi video seperti YouTube dan media sosial lain seperti Instagram, Facebook, hingga Snapchat.

Beberapa content creator yang bakal tampil memperlihatkan talentanya di Indovidfest di antaranya adalah Cameo Project, Skinny Indonesia24, Reza Oktovian, Chandra Liow, dan Devina Aureel.

STEVY WIDIA