HTC Kucurkan Dana Bagi Startup VR

Teknologi virtual reality menjadi bisnis yang menjanjikan. (foto : ilustrasi/technical)

YOUNGSTERS.id - Startup virtual reality (VR) menjadi incaran perusahaan berbasis teknologi. Baru-baru ini HTC mengumumkan peluncuran Vive X, program akselerator global senilai US$ 100 juta (Rp 1,3 triliun) untuk startup virtual reality (VR). Program ini akan dimulai di Beijing pada Mei.

HTC berharap program ini akan membantu menumbuhkan ekosistem VR global yang mendukung startup dengan keahlian, akses ke teknologi canggih VR, investasi keuangan, ruang kantor, bimbingan, dan dukungan untuk masuk ke pasar.

“Kami sangat gembira terkait dengan pengumpulan pemikiran-pemikiran paling cerdas dan paling kreatif untuk bergabung dengan Vive X,” kata Cher Wang, Ketua dan CEO HTC, sebagaimana dikutip ZDNET, Rabu, (27/4/2016).

Program Vive X selanjutnya akan diperluas ke Taipei dan San Francisco serta daerah lain dalam radar perusahaan asal Taiwan itu di masa depan.

“Virtual reality mengubah dunia, tapi untuk melakukannya secara efektif dibutuhkan ekosistem yang sehat untuk memperluas ke pasar massal. Melalui HTC Vive, kami berharap memungkinkan bakat global membuat konten yang menarik dan membantu membentuk masa depan industri ini,” kata Wang.

Melalui Vive X di Beijing masing-masing startup menerima investasi uang dengan imbalan ekuitas. HTC juga mengantisipasi bahwa startup yang bergerak melalui akselerator pada akhirnya akan menjadi produsen konten atau enabler konten untuk platform Vive miliknya.

 

STEVY WIDIA