HIPMI Dukung Rencana BUMN Akuisisi Newmont

Truk di area penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (Foto: ptnnt.co.id)

YOUNGSTERS.id - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno yang berencana akan mengakuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

“Posisi Hipmi sangat mendukung langkah Ibu Menteri. Sebab, sesuai konstitusi pengelolaan kekayaan alam negara ini harus melibatkan negara, agar benar-benar bermanfaat bagi kemakmuran rakyat,” ujar Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia dalam keterangan tertulis, Selasa (19/4/2016).

Menurut Bahlil, bila sebagian saham Newmont diambil alih oleh BUMN, negara tak hanya memperoleh manfaat dari pajak, namun juga meningkatkan aset BUMN dan pendapatan negara dari dividen.

“Melalui BUMN, Newmont akan lebih optimal bagi negara. Oleh karena itu, kebijakan Menteri BUMN sangat kami dukung,” ujar Bahlil.

Bahlil mengatakan, akuisisi dapat dilakukan oleh BUMN tambang yang cukup berpengalaman panjang dalam bisnis pertambangan seperti PT Antam atau konsorsium BUMN yang ditunjuk dan dibentuk oleh pemerintah.

Sebelumnya, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk menyatakan siap membeli sebagian saham PT Newmont Nusa Teggara melalui konsorsium BUMN Tambang.

Tak hanya itu, sejumlah pengusaha nasional seperti pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), Arifin Panigoro, berencana akan mengambil alih 100% saham NNT.

Saat ini, pemegang saham NNT terdiri dari empat grup besar yaitu, Nusa Tenggara Partnership B.V (NTP), dari perusahaan nasional ada PT Multi Daerah Bersaing (merupakan perusahaan patungan Pemprov NTB dengan Grup Bakrie melalui PT Daerah Maju Bersaing (DMB) dan PT Bumi Resources Minerals (BRMS), PT Pukuafu Indah, dan PT Indonesia Masbaga Investama.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia