Halaman Kuning Incar Iklan UKM

YOUNGSTERS.id - – Yellow Pages Services incar 100.000 usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menjadi perusahaan pengiklan di tahun 2016. Selain layanan cetak, juga tersedia microsite khusus untuk UKM. Target PT Metra Digital Media (MD Media) anak usaha grup Telkom ini diyakini bisa tercapai pada 2016 sejalan dengan pengembangan bisnis Yellow Pages tidak hanya menjadi buku direktori cetak tetapi juga digital.

Presiden Direktur MD Media Budi Setyawan Wijaya mengatakan para pelaku UKM tersebut akan memiliki microsite khusus. Microsite ini semacam subtautan di dalam laman Yellow Pages digital yang pada saat diklik langsung membawa ke laman UKM bersangkutan.

“Kami kerja sama dengan salah satu unit divisi yang khusus menangani UKM. Mereka punya sejuta UKM yang terdaftar di mereka, kami ambil 100.000 dulu,” tuturnya.

Menurut Budi pada periode selanjutnya perseroan akan memposisikan diri tidak sekadar memberikan pelayanan direktori tetapi juga digital media bagi UKM. MD Media menekankan ekspansi bisnis Yellow Pages ke layanan digital sama sekali berbeda dengan laman-lama e-commerce.

Para UKM yang diiklankan Yellow Pages dipastikan pelaku usaha yang data dan kiprahnya tervalidasi langsung. Kemitraan yang terjalin juga berdasarkan kontrak bisnis tertentu sehingga hampir bisa dipastikan tidak ada UKM fiktif.

Adapun sektor usaha kecil dan menengah yang akan digenjot pada umumnya mereka yang bergerak di sektor usaha distribusi barang elektronika, pipa, toko, dan peralatan elektrik. “Ini yang akan kami dorong untuk tampil juga di internet” ucap Budi.

Selain 100.000 UKM baru, seluruh pelanggan perusahaan pengiklan di Yellow Pages cetak yang lama juga akan dimigrasikan ke layanan direktori digital yang baru. Saat ini terdapat 10.000 pelanggan pengiklan di halaman kuning.

Sementara itu GM Directory Services MD Media Ibnu Sudarmono mengatakan migrasi Yellow Pages dari cetak ke digital sebetulnya sudah diprospek setidaknya setahun terakhir. Tapi pendekatan yang benar-benar dilakukan secara nyata menjadi produk daring barulah dilakukan pada tahun ini.

“Kami tetap memberikan harga yang murah, mulai dari Rp50.000 dan ada juga yang premium itupun hanya Rp300.000,” ucapnya.

Saat ini terdapat 3.500 klasifikasi bisnis yang tercakup di dalam Yellow Pages. Dari jumlah ini sekitar 200 di antaranya tergolong klien yang sangat loyal untuk pasang iklan, seperti mereka yang bergerak di  sektor kimia, pempipaan, dan distributor barang.

 

 

STEVY WIDIA