Growth Hacking Bisa Mendorong Pertumbuhan Bisnis Digital

Willix Halim, COO Bukalapak. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Growth hacking adalah serangkaian strategi dan metode yang membantu perusahaan berbasis teknologi untuk memikat dan mempertahankan pengguna. Dalam penerapannya, dibutuhkan kemampuan teknis, desain, pemasaran, dan cara terbaik untuk konsumen dalam mengenali produk. Juga diperlukan kemampuan untuk mencari jaringan baru dan kerja sama dengan komunitas.

Demikian hasil diskusi Marketing and Growth Panel yang menghadirkan Simon Khan, CMO Google Asia Pacific, Sri Widowati Country Director, Facebook Indonesia, dan Willix Halim, COO Bukalapak, Rabu (16/11/2016) di Konferensi Tech In Asia 2016 Jakarta.

Saat ini growth hacking menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaring pengguna. Dan platform media sosial memiliki peranan penting dalam kegiatan pemasaran.

Willix Halim mengungkapkan bahwa growth hacking digunakan untuk mendorong pertumbuhan perusahaan tempatnya bekerja.

Menurut dia, Bukalapak menggunakan platform seperti Facebook dan Google dalam membantu pemasaran dan acquisition campaign. Selain itu, pihaknya juga sedang menggunakan perangkat sendiri seperti email atau electronic direct marketing (EDM). Cara tersebut bisa dilakukan untuk menerapkan re-marketing kepada pengguna sebelumnya.

Penggunaan email, menurut Willix, dinilai cukup efektif untuk menjaring pengguna. Ini terlihat dari persentase pengguna yang kembali menggunakan layananannya di Bukalapak. Namun, Willix mengingatkan bahwa meskipun online marketing memiliki potensi kuat, pelaku industri tidak boleh melupakan offline marketing untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Sementara itu, Sri Widowati, Country Director, Facebook Indonesia mengatakan penyampaian ide dan pesan dengan jelas adalah strategi pemasaran yang baik. Tak hanya itu, penggunaan beberapa channel juga akan membuat masyarakat mengingat produk.

Sementara itu, dengan penetrasi internet yang semakin tumbuh, Sri mengungkapkan penggunaan platform mobile juga berpengaruh dalam perkembangan marketing saat ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya marketplace dan e-commerce yang memanfaatkan internet dan platform mobile untuk mendongkrak pemasaran.

 

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY