Gresik Raih Penghargaan Smart City Nusantara 2016

PT Telkom memberikan penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik. (Foto: Gresikkab/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meraih penghargaan Smart City Nusantara 2016. Penghargaan di bidang informasi dan telekomunikasi dari PT Telkom Indonesia ini diberikan untuk daerah yang memiliki konektivitas elektronik di bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan logistik.

Senior Manager Regional Enterprise Govermer dan Bisnis Service PT Telkom Indonesia Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar mengatakan Gresik merupakan salah satu penerima dari 81 kabupaten dan kota se-Indonesia yang meraih tersebut, dan untuk Jawa Timur terdapat delapan pemkab/pemkot yang menerima penghargaan serupa.

“Pemberian penghargaan ini sesuai dengan program pemerintah untuk pengembangan TIK. Dan atas prestasi ini kami dari PT Telkom memberikan 10 acces point gratis untuk ruang publik, layanan pustaka digital, layanan data sosial media, analitic dan layanan Q-baca,” kata Imam dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut Imam, penilaian yang diberikan kepada Pemkab Gresik meliputi smart connect, smart solution dan smart user. Yakni dengan mengembangkan konsep e-Pemerintahan, e-Pendidikan, e-Kesehatan dan e-Logistik, atau konektivitas antarpengelola pemerintahan di wilayah setempat.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh PT Telkom.

“Bagi kami penghargaan ini merupakan tantangan agar kami berbuat lebih baik lagi dibidang TIK, dan dengan penghargaan ini kami merasa terbimbing untuk bisa berbuat agar Gresik bisa menjadi yang terdepan dalam teknologi,” katanya.

Rencana ke depan RT/RW se Kabupaten Gresik akan terkoneksi melalui internet dengan mengalokasikan kebutuhan internet untuk 330 desa di Kabupaten Gresik melalui Dana Desa.

“Pengembangan dan pemanfaatan TIK di Gresik sudah dilakukan sejak tahun 2011, dan kini mengalami banyak perkembangan, salah satunya memberikan kemudahan dalam tata kelola pemerintahan, sebab kami juga telah membangun jaringan fiber optik antar SKPD sepanjang delapan km,” katanya.

Sebelumnya Pemkab Gresik juga menerima penghargaan yang sama antara lain TIK Pura tahun 2012, IDSA 2014, Juara Telecenter, IDSA e-Healt 2015, PEGI Jatim 2015.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply