Grab Gandeng Lippo Group Untuk Pembayaran E-money

Grab menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di dunia. (Foto dok.Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Grab Indonesia dan Lippo Group bermitra untuk mengimplementasikan platform pembayaran e-money di Indonesia. Lebih dari 50 juta pelanggan dari kedua perusahaan ini akan dapat melakukan pembayaran dari perangkat mobile.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Grab untuk seluruh jajaran layanan lintas perusahaan ritel Lippo, termasuk department store, Hypermart, bioskop, kedai kopi, dan layanan e-commerce.

Co-Founder Grab Anthony Tan mengatakan kemitraan Grab dengan Lippo Group untuk mengembangkan platform pembayaran universal akan menjadi langkah maju untuk e-money di Indonesia.

“Banyak masyarakat Asia Tenggara yang belum menggunakan layanan perbankan, namun memiliki perangkat mobile. Kita perlu mencari solusi non-tunai yang dapat membantu mereka mengelola uang, dan mobile wallet,” katanya dalam siaran pers, Jumat (22/7/2016) di Jakarta.

Kemitraan dengan Lippo Group ini merupakan satu langkah maju guna mencapai tujuan Grab untuk menyediakan solusi pembayaran mobile kepada jutaan orang di Asia Tenggara. Rencananya, Grab dan Lippo juga akan bekerja sama dengan mitra lokal untuk mewujudkan transaksi non-tunai bagi sebagian besar masyarakat Asia Tenggara.

Sementara itu, Direktur dari Lippo Group Adrian Suherman mengatakan platform pembayaran universal ini akan memungkinkan pelanggan untuk membayar secara non-tunai di perusahaan ritel online dan offline perseroan.

“Platform pembayaran universal ini akan diluncurkan untuk perusahaan-perusahaan dari Lippo Group dan diintegrasikan ke dalam aplikasi Grab secara bertahap mulai dari kuartal keempat tahun 2016,” ungkapnya.

Hal ini merupakan perluasan kemitraan strategis antara kedua perusahaan teknologi dan internet yang ditandatangani pada bulan Maret kemarin. Lippo Group akan mengembangkan platform pembayaran universal yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk men-top up akun e-money mereka dan menggunakannya untuk membayar layanan dan produk dari Lippo secara digital.

Sedangkan Grab akan mengintegrasikan platform pembayaran aplikasi Grab sebagai opsimobile wallet di dalam fitur GrabPay. Pengguna mobile dapat menggunakan aplikasi Grab tidak hanya untuk membayar kebutuhan transportasi harian mereka, namun juga layanan dan produk gaya hidup lainnya.

STEVY WIDIA