Google : Orang Indonesia Ingin Cantik

Google melakukan riset mengenai tren e-commerce tahun 2016 di Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Google Indonesia merilis data lima kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun. Data yang cukup tinggi diraih produk kecantikan dan personal care.

“Orang Indonesia semakin ingin cantik. Data kami menunjukkan dari November-Desember tahun lalu kategori yang paling banyak dicari antara lain produk kecantikan dan personal care,” ungkap Industry Head Google Indonesia, Henky Prihatna dalam siaran pers, baru-baru ini di Jakarta.

Selain produk kecantikan, gadget dan aksesoris, pakaian serta barang untuk bayi menjadi kategori selanjutnya yang paling banyak dicari masyarakat saat berbelanja online. Henky mengatakan, tren ini terjadi saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri dan Desember menjelang awal tahun baru di Januari.

“Data kami, e-commerce Indonesia awal tahun memang low season. Meningkatnya Ramadhan, terus Lebaran paling tinggi. Habis itu off. Setelah off, Desember akan naik,” kata Hengky lagi.

Hal ini sejalan dengan tren seluler atau mobile yang mendominasi di Indonesia. 71 % dari mereka mengatakan smartphone merupakan perangkat utama untuk online, lebih tinggi dibandingkan India atau China.

“Penetrasinya dalam hal smartphone adoption, Indonesia paling tinggi, yakni 71%, lebih tinggi dibandingkan India (69 %, Thailand 54 %, China 44%) apalagi berkembangnya android,” kata Henky.

Hal ini didukung temuan Google lainnya, sambung dia, yang mengungkapkan penggunaan smartphone rata-rata di atas dua jam atau 136 menit dalam sehari.

“Dua jam seharinya menggunakan smartphone. 68 menit menggunakan browser, 68 menit untuk apps. Menarik, sudah berkembang. Mereka sudah paham soal apps,” tutur dia.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY