Google Mulai Siapkan 100.000 Pengembang Selular

Veronica Utami, Head of Marketing,Google Indonesia di acara Google for Mobile. (foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Google memulai langkah untuk membantu melatih 100.000 pengembang seluler atau mobile developer dari Indonesia hingga tahun 2020. Ini merupakan wujud dari kunjungan Presiden Joko Widodo  ke markas Google bulan Februari lalu.

Sebagai langkah pertama telah digelar Google for Mobile pada Kamis (31/3/2016) di Jakarta. Acara berupa workshop ini dirancang khusus bagi pengembang aplikasi dan games. Ratusan pengembang dari Indonesia telah mendaftar untuk menghadiri kegiatan yang bebas biaya ini dan belajar dari para ahli produk Google, pemimpin industri, dan juga dihadiri para pengembang dunia dari Indonesia serta luar negeri.

“Berbicara mengenai hal-hal yang berhubungan dengan online, Indonesia adalah negara mobile-first. Ponsel pintar telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dan pemandangan startup sangat cepat tumbuh dalam menciptakan aplikasi dan games guna memenuhi permintaan konsumen,” ungkap Veronica utami, Head of Marketing Google Indonesia dalam siaran pers.

Dia menjelaskan pasar aplikasi  dan games  di  Indonesia  sedang pesat  berkembang. Ada ribuan  pengembang  lokal mencoba masuk ke  negeri  serta puluhan   gamer  dan jutaan lebih yang mencari aplikasi yang tepat dalam membantu kehidupan agar jadi lebih mudah. Ini menguatkan fakta bahwa pasar utama Android ini sangat vital. Dan  bagi Google perlu untuk mendukung para pengembang dari Indonesia.

“Google  for Mobile  adalah salah satu langkah dari beberapa yang kami lakukan untuk  mencapai tujuan pada tahun 2020. Sepanjang empat tahun ke depan, para pengembang dari Indonesia akan mendapatkan akses ke berbagai referensi untuk  memulai keahlian Android mereka. Kami memiliki banyak program acara dalam membantu para pengembang ini,” jelas Veronica lagi.

Menurut dia, di tahun 2016 juga akan ada program workshop Indonesia Android Kejar, (Kelompok Belajar) di lima kota. Workshop tersebut  lebih  intensif, kelompok belajar dengan instruktur/fasilitator  yang  akan  berlangsung  di  Bandung,  Jakarta,  Semarang,  Surabaya,  dan Yogyakarta—untuk  menjangkau  sebanyak mungkin orang. Program ini telah dibuka, dan bisa segera mendaftar untuk jadi fasilitator atau sebagai peserta.

Dalam Google  for Mobile  tampil sebagai pembicara Kunal Soni, Head of Business Development, Google Play. Ia  menjelaskan bagaimana Android  bermula dari sebuah ide berani membuka standar terbuka di sektor seluler (mobile); saat ini Android  adalah platform seluler paling populer di dunia dengan lebih dari 1,4 miliar pengguna aktif secara global dengan jumlah sebesar 7 miliar dolar Amerika yang dibayarkan kepada para pengembang  ini.   Dia juga berbagi  tips dan trik  guna membantu para pengembang mencapai pengguna mereka, dan agar mereka dikenal, serta dapat membangun bisnis yang sukses di Play.

 

STEVY WIDIA