Google Luncurkan 9 Fitur Baru untuk Temani Ramadan

(ki-ka) ​ Mira Sumanti, Product Marketing Manager, Search & Maps, Google Indonesia​; ​ Sasha Sunu, Product Marketing Manager, Google Play, Google Indonesia​; ​ Putri Silalahi, Head of Products Communications, Google Indonesia​; ​ Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia​ menunjukkan masing-masing fitur dari produk Google untuk mendukung kegiatan selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. (Foto: dok.Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Untuk memastikan penggunanya terus memaksimalkan penggunaan teknologi saat bulan Ramadan melalui ponsel pintar mereka agar rutinitas menjadi lebih mudah, Google meluncurkan sembilan fitur baru untuk temani Ramadan.

“Hari ini Google menghadirkan beragam fitur terbaru yang dapat Anda manfaatkan melalui ponsel pintar sebagai teman yang dapat membantu warga net di Indonesia menemukan apa yang Anda butuhkan, terutama di momen terpenting saat Ramadan. Oleh sebab itu, kami memperkenalkan fitur terbaru dari Search, Maps, Play dan YouTube untuk menjadi teman di empat momen terpenting Ramadanmu yaitu teman puasa, ngabuburit, mudik dan hari raya,” kata Veronica Utami, Head of Marketing dari Google Indonesia.

Dijelaskan Mira Sumanti, Product Marketing Manager, Search & Maps, Google Indonesia, di Teman Puasa, Google memperkenalkan fitur Ramadan di Google Search, di mana semua informasi mengenai Ramadan dapat ditemukan dalam satu tujuan. Mulai dari resep untuk berbuka, ucapan salam hingga mengetahui kapan matahari akan terbenam.

Selain itu, user dapat mengisi waktu puasa dengan mencari tempat berbuka bersama teman atau kerabat melalui fitur Cari meja (Find a table) di Google Maps yang telah bekerja sama dengan Qraved dan Chope. Dengan fitur ini, kini Anda tidak hanya dapat menemukan restoran terdekat, tetapi juga dapat memesan meja restoran langsung dari Google Maps sekalipun sedang dalam perjalanan. Anda tak perlu khawatir lagi tidak mendapatkan meja untuk berbuka puasa bersama kerabat.

“Fitur yang kami hadirkan ini berdasarkan pencarian terbanyak selama bulan Ramadan. Sebut saja pencarian tinggi di Google Search tentang menu buka puasa, jalur mudik, hingga tempat ngabuburit, keseluruhan fitur terbaru dari Google hadir untuk Anda dan menjadi teman selama Ramadan. Diharapkan semua orang dapat semakin menikmati momen Ramadan bersama teman, keluarga, dan tentu saja, Google,” ujar Mira.

Untuk menemani aktivitas Anda selama Ramadan, Google telah mempersiapkan konten khusus Ramadan YouTube Shelf sebagai teman ngabuburit, seperti lagu, resep masak hingga konten Ramadan yang khusus dibuat oleh para YouTube creators. Untuk pecinta gaming, Google juga menyiapkan promosi khusus #SalipLevel untuk bermain game favorit Anda dan berbagi kegembiraan dengan teman Anda melalui Kartu Hadiah Google Play.

Sebagai teman mudik Anda, selain membantu mencari restoran dan SPBU terdekat, Google Maps kini dapat membantu Anda mengenai Pencarian mesjid untuk beribadah ketika sedang berada dalam perjalanan. Juga tidak kalah seru, selama perjalanan mudik, ada YouTube Offline yang dapat menemani Anda dengan konten Ramadan kapanpun Anda mau tanpa koneksi Internet sekalipun.

Hari Raya Idul Fitri yang menjadi momen puncak untuk berkumpul dan bersilahturahmi di bulan Ramadan. Google mempersiapkan fitur terbarunya sebagai teman hari raya di Maps yaitu Bagikan lokasi, sehingga bisa memberitahukan dan mendapatkan posisi kerabat secara real-time ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat berkumpul. Selain itu, mengambil momen kebersamaan dengan mengambil foto saat sedang berkumpul dengan keluarga merupakan suatu hal yang paling ditunggu dan tidak pernah terlewatkan. Untuk memudahkan berbagi momen Idul Fitri dengan sanak keluarga, dengan fitur Album sharing di Google Photos setiap anggota keluarga dapat lebih mudah mengkses foto ataupun menambahkan foto yang tersimpan di ponsel pintar secara mudah dari manapun dan kapanpun hanya dengan sentuhan jari.

Momen hari raya juga tidak terlepas dari melakukan perjalanan ke tempat wisata dengan keluarga, namun tentunya Anda ingin terhindar dari kemacetan menuju tujuan. Kini Google Maps dilengkapi dengan fitur Transit untuk Commuter Line (KRL). Anda dapat memantau kapan kereta tiba secara real-time beserta lama perjalanan dan juga informasi biaya perjalanan Anda. Piknik bersama keluarga ke Kebun Raya Bogor kini semudah ketukan jari.

“Berbagai informasi terbaru seputar produk Google untuk memaksimalkan fungsi teknologi dan Internet akan terus dilakukan untuk mendukung para pengguna di Indonesia dalam menjalani keseharian,” pungkas Putri Silalahi, Head of Products Communications, Google Indonesia.

 

FAHRUL ANWAR