Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital : Jakarta Masuk Tahap Bootcamp

Sesi mentoring di Boothcamp GN 1000 Startup Digital Jakarta, Minggu (13/11/2016). (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Gerakan Nasional 1.000 startup digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama KIBAR telah memasuki tahap Bootcamp untuk wilayah Jakarta.

Pada tahap ini, 16 tim terbaik mendapat kesempatan untuk mempresentasikan ide startup mereka di hadapan dewan juri. Para peserta diminta untuk membuat startup digital yang fokus memberikan solusi spesifik. Karena saat ini banyak pendiri startup yang berambisi untuk menciptakan solusi dan banyak fitur, tapi belum tentu dibutuhkan penggunanya.

“Indonesia sendiri sudah memposisikan diri, bukan hanya sekedar mimpi. Kami adalah kekuatan digital di Asia yang berbasis UMKM dan ekonomi kerakyatan. Kita seharusnya sudah menjadi pemain inti, jangan lagi menjadi pembeli. Market kita harusnya didominasi oleh orang Indonesia sendiri. Kita yang harus mereformasi negara ini,” tutur Lis Sutjiati, Staff Khusus Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam keterang pers, Minggu (13/11/2016) di Jakarta.

Selama tiga hari pelaksanaan, peserta mendapatkan materi-materi berkualitas mengenai pengembangan produk, desain, dan marketing melalui talks, 1-on-1 mentoring, dan bekerja dalam tim untuk menyelesaikan produk mereka.

“Awali produkmu dengan menyelesaikan masalah yang spesifik. Solusi kecil kalau dipakai semua orang akan berdampak besar,” kata Alamanda Shantika, Chief Activist FemaleDev, dalam sesi monitoring.

Sebelumnya, selama tiga hari pelaksanaan Bootcamp, peserta mendapatkan materi mengenai pengembangan produk, desain, dan marketing dari para mentor untuk mematangkan produk dan strategi mereka dalam membuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan solusi.

Adapun 16 tim yang melaju ke tahap Bootcamp Jakarta ini antara lain Fina, Roo, Qline, Xparring, Kulturistic, Kweet, PetResQ, Ajarin, Lapak Tani, Panggilin, Ruang 123, RilServis, Homegood, Roosak.com, Mogo Apps, dan Kuker!.

Sebelum memasuki tahapan Boothcamp, 16 tim dari Jakarta ini sudah melalui serangkaian tahapan sejak 30 Juli 2016, dimulai dari ignition atau seminar dan juga workshop. Setelah tahap bootcamp yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk, tim yang terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan, yang merupakan tahapan akhir dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY