Gerakan 1.000 Startup Digital Dorong Ekosistem Digital Ekonomi di Indonesia

Pencanangan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. (Foto : Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Gerakan 1000 Startup Digital terus bergulir. Gerakan ini diharapakn Seribu startup ini diharapkan akan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya ekosistem digital ekonomi di Indonesia.

“Indonesia diperkirakan akan menjadi negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara,” Yohan Totting, kata Inisiator Komunitas Forum Web Anak Bandung (FOWAB) pada kegiatan Ignition yang diadakan di Universitas Trisakti, belum lama ini.

Yohan menjelaskan, di tahun 2020, diharapkan, akan terdapat 1.000 startup baru dengan nilai valuasi USD10 miliar.

Ignition adalah acara pembuka dari serangkaian acara yang akan diadakan sebagai bagian dari gerakan 1000 Startup Digital. Ignition, yang merupakan acara untuk memberikan inspirasi pada generasi muda yang tertarik untuk membangun startup. Setelah itu, akan diadakan Workshop, yang bertujuan untuk mempertajam kemampuan orang-orang yang ingin membangun startup.

Ada lebih dari 4.000 startup yang mendaftar dan sebanyak 200 peserta terpilih untuk mengikuti kegiatan Ignition yang diadakan di Universitas Trisakti.

Dalam acara ini, beberapa eksekutif dari startup-startup ternama diundang sebagai pembicara untuk menjelaskan pada para peserta serba-serbi tentang membuat startup.

Setelah Workshop, akan diadakan acara Hackathon, yang lalu diikuti dengan Bootcamp dan diakhiri oleh Incubation. Yohan menjelaskan, di bagian Hackathon, peserta gerakan 1000 Startup Digital diharapkan akan dapat membangun prototipe dari produk yang ingin dia buat. Di sini, mereka juga dapat bertemu orang lain yang antusias untuk mengembangkan startup.

“Di sini, Anda bisa mencari orang-orang untuk menggabungkan skill mereka dengan skill Anda,” kata Yohan. Dia menyebut, acara itu cocok untuk mencari co-founder dari startup yang hendak Anda buat. Sementara di Bootcamp, peserta diharapkan akan dapat mendemonstrasikan prototipe yang telah dibuat. Selain itu, peserta juga dapat bertemu dengan para ahli yang akan menjadi mentor mereka.

“Kalian bisa bertemu dengan mentor yang mungkin sudah pernah mencoba untuk membuat produk yang sedang kalian buat. Mereka bisa memberikan insight dan feedback,” ujar Yohan. Tahap Incubation serupa dengan tahap Bootcamp. Hanya saja, jika waktu Bootcamp relatif tidak lama — yaitu kurang dari satu bulan — waktu inkubasi lebih lama.

Dari semua proses ini, diharapkan akan 200 startup yang muncul setiap tahunnya. Selain diadakan di Jakarta, acara Ignition juga akan diadakan Yogyakarta dan Surabaya.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY