ITS Gelar CommTech 2016

ITS gelar CommTech 2016. (Foto: dok.ITS/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar ajang perkumpulan pemuda dari seluruh dunia, Community and Technological Camp (CommTech). Program yang berlangsung 22-31 Agustus 2016 ini merupakan kegiatan global yang mendekatkan mahasiswa dengan teknologi dan masyarakat.

Pada tahun ini CommTech mengusung tema Ring of Fire, Strands of Sands. Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD mengatakan, tema tersebut merepresentasikan Indonesia yang terdiri dari gugusan kepulauan.

”Terdapat lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar di sepanjang garis khatulistiwa yang dilalui oleh cincin api. Sehingga banyak gunung berapi dapat ditemui di Indonesia. Permasalahannya adalah bagaimana sikap kita dalam menghadapi tantangan dari Ring of Fire (cincin api, red) tersebut,” kata Guru Besar Jurusan Teknik Lingkungan ini saat membuka CommTech 2016 Senin (22/8/2016) dilansir laman ITS.ac.id.

CommTech 2016 diikuti oleh 35 peserta dari 13 negara. Mulai dari mahasiswa program sarjana, magister, doktoral, hingga associate professor. Mereka datang dari berbagai disiplin ilmu, baik sains dan teknologi maupun sosial humaniora.

Rektor ITS berharap, program yang rutin dijalankan dua kali dalam setahun ini dapat mengundang minat mahasiswa internasional untuk datang ke ITS. ‘Saya harap mahasiswa ITS juga dapat bergaul secara internasional,” tutur

Kegiatan ini dibagi atas dua tema. Peserta dari grup Ring of Fire akan mempelajari mengenai gunung api, dan kaitannya dengan kearifan lokal Indonesia. Sementara peserta dari grup Strands of Sand akan mempelajari tentang manajemen area pesisir di Indonesia.

Tidak hanya di kelas, para peserta juga akan mengunjungi beberapa lokasi untuk memperkuat topik yang dipelajari. Di antaranya adalah Lumpur Lapindo, Kawasan Geologi Candi Trowulan, PT Terminal Teluk Lamong dan Kawasan Mangrove Wonorejo. Tak hanya itu, para peserta juga tetap mendapatkan sentuhan budaya Indonesia dalam program ini, seperti belajar Bahasa Indonesia, belajar tari dan musik tradisional hingga permainan tradisional.

Acara tahunan besutan ITS International Office ini telah berlangsung selama 6 tahun dan melahirkan alumni yang tersebar di seluruh benua.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY