Game Prime 2016 Akan Digelar di Surabaya dan Jakarta

Game Prime 2016 Akan Digelar di Surabaya dan Jakarta (Foto: Duniaku.net/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Event tahunan bagi para developer dan praktisi industri video game saling bertemu, berdiskusi dan berbagi ilmu, Game Prime tahun ini akan digelar di Surabaya dan Jakarta. Game Prime merupakan evolusi dari Game Dev Gathering (GDG).

Mengangkat tema “Reality Check: Are We On The Right Direction”, Game Prime 2016 merupakan proyek kolaborasi antara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Duniaku Network, Asosiasi Game Indonesia, Dicoding, GemuGemu, KotakGame, GCM dan IndieGames.com. Juga, didukung Yayasan Futurist Indonesia dan GCM Sdn Bhd sebagai mitra strategis, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Seperti dilansir Duniaku, event game kali ini mengalami sedikit perubahan identitas dengan tujuan menjadikan GDG sebagai salah satu ajang “game B2B” terbesar di Asia Tenggara.

“Penyajian dan lokasi pelaksanaan acara sedikit berbeda dari Game Dev Gathering Prime tahun lalu, rencananya berlangsung di dua kota saja, yakni Surabaya dan Jakarta sebagai puncaknya,” katanya.

Game Prime 2016 Surabaya akan digelar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2016. PENS ditunjuk sebagai mitra universitas, dan dibantu oleh komunitas Game Developer Arek Suroboyo (GADAS).

Menariknya, animo developer game Indonesia terhadap Game Prime 2016 sangat tinggi. Terbukti, hanya dalam waktu kurang dari satu hari sejak pendaftaran dibuka 4 Oktober 2016, sebanyak 200 tiket Game Prime 2016 Surabaya sudah sold out.

Oleh karena itu, panitia akan membuka pendaftaran untuk 100 peserta lagi guna mengikuti event.

Format Game Prime 2016 dibagi jadi beberapa sesi: ada sesi kuliah dan diskusi panel dengan para praktisi, berbagai workshop untuk meningkatkan skill di bidang pengembangan permainan video. Jika sudah punya game, Game Prime 2016 bisa dijadikan medium untuk memperkenalkannya pada publisher-publisher ternama dalam sesi Prime Connect. Termasuk Game Developer Award, sebuah cara panitia mengapreiasi para pengembang dan karya-karya digital terbaik buatan talenta dalam negeri selama satu tahun ke belakang.

Setelah Surabaya, event Game Prime 2016 ini akan digelar di Balai Kartini, Jakarta, selama dua hari pada tanggal 29 dan 30 November 2016.

 

FAHRUL ANWAR