Fit Me, Aplikasi Fitting Pakaian Online

Mahasiswa ilmu Komputer IPB pemenang kedua Samsung IdeAction 2016. (Foto : Himalkom.ipb/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Belanja produk-produk fashion secara online kerap menimbulkan masalah ketika barang yang dipesan tidak sesuai dengan ukuran badan. Permasalahan inilah coba dipecahkan lewat aplikasi Fit Me.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan fitting pakaian dengan mudah dan tepat secara online. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya membuat model yang sesuai dengan ukuran tubuh pengguna.

“Fit Me merupakan aplikasi untuk fitting dan pembelian pakaian, di mana aplikasi ini juga terintegrasi dengan situs e-Commerce. Untuk mendapatkan pakaian dengan ukuran yang tepat, pengguna aplikasi ini tinggal memasukkan data-data dirinya seperti tinggi badan, berat badan, ukuran lingkang pinggang, dan sebagainya. Nantinya akan muncul berbagai model pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh tersebut,” terang Exclesia Kristianingtyas dan Dina Utami Putri pembuat aplikasi yang dilansir Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom) baru-baru ini di Jakarta.

Keduanya mengaku menemui masalah ketika berbelanja baju secara online. Dari sanalah, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Ilmu Komputer terbersit ide untuk aplikasi ini.

Sebelum melakukan pembelian, pengguna aplikasi ini juga bisa melakukan mix and match dengan cara memasukkan foto selfie ke dalam aplikasi. Dengan cara tersebut, penggunanya bisa melihat apakah pakaian yang ingin dibelinya cocok atau tidak.

Dita mengaku, masa pengembangan ide setelah pengumuman finalis jamua 3 minggu. “Saat itu kami ada UAS. Nah, kita harus pintar-pintar atur waktunya. Terus kalo secara tekniknya sepertinya cukup rumit, kami harus banyak cari paper-paper yang memastikan kalo teknologinya itu dapat diterapkan dan hasilnya bagus,” ungkapnya.

Atas idenya yang original dan inovatif tersebut, Dita dan Exclesia terpilih sebagai pemenang kedua Samsung IdeAction, yaitu sebuah kompetisi di bidang teknologi yang digelar oleh Samsung Electronic Indonesia. Mereka menjadi salah satu pemenang dari 718 proposal ide yang masuk ke panitia sejak April 2016.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY