Festival Jalan-Jalan, Pameran Travel Online Terbesar

Festival Jalan-jalan, travel fair online ini didukung oleh Traveloka, Blibli.com, Google, dan Bank Mandiri. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Industri pariwisata terus tumbuh. Kementerian Pariwisata mengindikasikan sebanyak 140 juta wisatawan domestik telah berwisata. Potensi tersebut yang kemudian ditangkap pelaku usaha yang berkaitan dengan traveling dengan menggelar travel fair online bertajuk Festival Jalan-jalan.

Travel fair online di Indonesia ini disponsori oleh tiga perusahaan industri online terkemuka di Indonesia, yaitu Traveloka, Blibli.com, Google, dan Bank Mandiri sebagai official bank partner. Mereka melihat antusiasme masyarakat tidak pernah padam ketika travel fair offline digelar dan bersedia menghadapi antrean yang panjang untuk mendapatkan promo terbaik.

“Kami berinisiatif mengambil peran untuk menyediakan wadah agar masyarakat dapat mengakses promo berwisata dengan harga terbaik di mana pun dan kapan pun cukup dengan mengakses internet,” ujar Country CEO Dentsu Aegis Network Indonesia Harris Thajeb pada konferensi pers Senin (21/11/2016) di Jakarta.

Travel fair tersebut mengundang masyarakat untuk mengeksplorasi dunia, khususnya Indonesia dengan tawaran promo hemat hingga lebih dari 70%. Lebih dari ratusan paket perjalanan pariwisata dan kamar hotel akan ditawarkan selama 7 hari dimulai 21 November 2016 pukul 00.00 hingga 27 November 2016 mendatang.

Setelah 12 jam program ini diluncurkan, ungkap Harris, lebih dari 60.000 orang mengunjungi situs web Festival Jalan-jalan. Kendati program ini hanya tujuh hari, pihaknya menargetkan 2 juta wisatawan bertransaksi via platform yang diklaim pertama kali di Indonesia itu.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 60% memesan tiket melalui online dan 25% memesan kamar hotel melalui online pula. Dari sisi usia, sebanyak 60% wisatawan merupakan golongan muda dengan strata ekonomi didominasi kelas menengah-atas.

Hasil riset Google Indonesia pada 2016 menunjukkan, kegiatan berwisata sangat diminati. Diperkirakan, pendapatan kotor pemesanan tiket berwisata atau kamar hotel via online naik 22% mencapai hingga Iebih dari Rp 53 miliar dibandingkan dengan tahun 2013.

Country Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna mengatakan, pihaknya melihat peluang yang cukup besar dari minat pemesanan tiket pesawat ataupun kamar hotel melalui online. Menghadapi puncak musim Iiburan, dia memastikan jumIah pengunjung offline travel fair pasti membeludak, tetapi tidak semua orang di setiap kota dapat merasakan sensasi offline travel fair tersebut.

Dengan hadirnya Festival Jalan-jalan ini sebagai sebuah inovasi online travel fair terbesar, Henky meyakini, seluruh masyarakat Indonesia dapat turut menikmati penawaran terbaik untuk perjalanan mereka. Menurut data consumer barometer Google, jumlah pengguna ponsel pintar di Indonesia terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

“Dengan adanya Festival Jalan-jalan, diharapkan banyak traveler yang offline konversi ke online karena platform ini mensinergikan semua pelaku untuk menyediakan semua kebutuhan traveler,” tuturnya.

Festival Jalan-jalan ini didukung oleh berbagai perusahaan terkemuka dari berbagai industri di Indonesia. Garuda Indonesia, misalnya, menyiapkan promo menarik berupa diskon tiket hingga 15% dan tambahan cashback dari Mandiri hingga Rp 1 juta saat Happy Hour.

Sementara itu, Senior Vice President Credit Cards Bank Mandiri Vira Widiyasari, keikutsertaan Bank Mandiri dalam kegiatan ini, merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan transaksi online, terutama di sektor industri pariwisata. Menurut dia, sebanyak 15% pemegang kartu kredit merupakan traveler, sedangkan 50% pemilik kartu debit kerap berbelanja e-commerce yang berkaitan dengan traveling.

”Pada Festival Jalan-jalan, pemegang kartu Mandiri debit dan kartu kredit bisa mendapatkan kemudahan Iebih seperti, penawaran tiket pesawat, hotel dengan harga spesial dan diskon hingga Rp 1 Juta dari maskapai dan online travel agent yang berpartisipasi. Di samping itu, pemegang kartu kredit Mandiri juga akan mendapat kemudahan transaksi melalui program cicilan dengan bunga 0% hingga 6 bulan untuk setiap transaksi,” ungkap Vira.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY