Festival Habibie, Perkenalkan STEAM Ke Generasi Muda

Anak-anak dapat menyaksikan produk inovatif di Habibie Festival, pada 11 – 14 Agustus di Museum Nasional Jakarta. (Foto: MuseumNasional/Youngters.id)

YOUNGSTERS.id - Berkarya!Indonesia adalah sebuah gerakan yang meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan nilai tambah bangsa melalui pembudayaan teknologi dan inovasi. Gerakan ini akan menggelar Habibie Festival, pada 11 – 14 Agustus di Museum Nasional Jakarta.

Festival ini akan menampilkan pameran teknologi, diskusi, pengalaman langsung bersama para maker, kompetisi, dan permainan. Semua acara ini dirancang untuk menampilkan pencapaian teknologi dan ide-ide inovatif Indonesia kepada generasi muda.

“Kami ingin mendorong pendidikan Sains, Teknologi, Teknik (engineering), Kesenian (art), dan Matematika (math) (STEAM) untuk generasi mendatang. Mereka lah yang akan membangun masa depan negara ini, dan mereka lah yang akan menjadi para pemimpin masa depan. Lewat festival ini kami ingin memperkenalkan STEAM kepada generasi sekarang, terutama anak-anak sedini mungkin,” kata Pendiri Berkarya!Indonesia Ilham Habibie dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia festival ini diharapkan dapat mengangkat dan memperluas visi untuk masa depan bangsa.
”Ayah saya selalu percaya bahwa pembudayaan dan pemahaman teknologi maju dan tepat guna adalah kunci masa depan bangsa yang lebih cerah,” kata putra mantan Presiden RI BJ Habibie itu.

Habibie Festival akan menampilkan organisasi-organisasi berbasis sains dan teknologi yang akan mempertunjukkan inovasi mereka, di antaranya Samsung, Makedonia Makerspace, PT. Dirgantara Indonesia dengan model kokpit pesawat CN-235, pendidikan IPTEK oleh DaVinci Educations dari Jerman, dan masih banyak lagi.

“Cara yang paling baik adalah dengan melibatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Anak-anak bisa saling berbagi semangat kreativitas dan menemukan hal-hal baru dengan teman-teman dan keluarga mereka,” tambah Ilham.

Festival ini sekaligus sebagai apresiasi dan perayaan ulang tahun B.J Habibie yang ke-80. Pengunjung Festival Habibie bisa melihat berbagai kontribusi Habibie untuk Indonesia, khususnya di bidang teknologi dan inovasi.

STEVY WIDIA