Facebook Akuisisi Startup Pembuat Asisten Virtual

Facebook (Foto: ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Facebook mengakuisisi startup pembuat asisten virtual, Ozlo. Dari akuisisi ini, Facebook akan mendapatkan teknologi dan sebagian besar tim Ozlo, yang terdiri dari sekitar 30 pekerja.

“Tujuannya adalah membuat pengalaman penggunaan Messenger yang memuaskan, dengan bantuan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin,” kata juru bicara Facebook yang dilansir VentureBeat baru-baru ini.

CEO Charles Jolley menciptakan Ozlo bersama Mike Hanson pada 2014. Jolley dulunya bekerja sebagai Head of Product di Facebook.
Versi peramban dan aplikasi Ozlo untuk iOS meluncur sejak Oktober 2016. Keduanya menggunakan asisten pintar dengan nama yang sama. Ozlo pada awalnya dibuat dengan tujuan untuk membantu pengguna mencari daftar restoran dalam format percakapan.

Ozlo pada akhirnya juga menawarkan restoran yang menawarkan makanan untuk orang-orang dengan diet ketat, perkiraan cuaca dan bisnis lokal, seperti film yang bisa ditonton. Sama seperti asisten virtual lainnya, Ozlo juga mulai menggunakan API dari aplikasi lain, seperti Yelp, Doordash dan lain sebagainya. Mulai Maret, Ozlo menawarkan API mereka sendiri.

Informasi tentang akuisisi ini juga dibahas Ozlo dalam situsnya. Ozlo akan menutup aplikasi dan layanan API mereka, menurut laporan Recode. Sebelumnya dikabarkan Facebook tengah mengembangkan smart speaker untuk menyaingi Amazon Echo dan Apple HomePod.

STEVY WIDIA