Era Digital Peluang Bagi Industri Kreatif

YOUNGSTERS.id - – Era ekonomi digital menjadi peluang besar bari industri kreatif untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas. Peluang ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah.
Berangkat dari hal itu maka kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan Marketeers Creativity Day, yakni kegiatan yang diperuntukkan bagi pelaku koperasi usaha kecil menengah (KUKM) kreatif.

“Ini kami hadirkan untuk generasi muda, pengguna internet, dan para wanita untuk menjadi usaha kecil menengah berorientasi ekspor,” kata Anak Agung Gede ngurah Puspayoga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak saat mengunjungi puluhan outlet produk kreatif yang ada di gedung Smesco, Jakarta, Mingggu (24/1/2016) dikutip tempo.id.

Dia berharap dengan kegiatan ini akan dapat mendorong para pelaku usaha untuk terus berkarya dan menciptakanproduk kreatif bagi pasar yang lebih luas. ” Di era ekonomi digital peluang untuk industri kreatif sangat terbuka dan mudah dipasarkan melalui media apapun,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Sri Adiningsih Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dalam kunjugan tersebut.  Sri mengajak pelaku KUKM dari seluruh Indonesia yang memiliki produk kreatif agar memanfaatkan Galeri Indonesia WOW untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya agar produk yang dihasilkan dapat menembua pasar, khususnya pasar ekapor.

“Kita akan terus mendorong pelaku KUKM untuk terus berkarya dalam menciptakan, merancang, dan mengembangkan berbagai gagasan dari sebuah produk inovatif yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan berpotensi ekspor,” tegas Adiningsih.

Inisiator Galeri Indonesia WOW, Hermawan Kertajaya mengatakan acara Marketeers Creativity akan diselenggarakan rutin setiap bulan pada pekan keempat. Acara ini merupakan pertama di Indonesia untuk menginspirasi semua pelaku usaha agar memiliki mental startup di antaranya wirausaha, kreatif, dan produktif.

 

STEVY WIDIA