E-Dagang Masa Depan Ekonomi Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Indonesia E-Commerce Award 2016 di Exodus Dining, Jakarta, Kamis (01/12/2016). (Foto: kominfo/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Peta Jalan Perdagangan Digital Indonesia sudah diterbitkan. Sektor e-dagang (e-commerce) disebut sebagai masa depan pertumbuhan ekonomi dan diharapkan dapat berkontribusi menciptakan kesejahteraan bagi warga negara Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Indonesia E-Commerce Award 2016 .“Saya senang dengan aktivitas seperti ini, karena e-commerce ini masa depan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia secara makro,” kata Rudiantara Kamis (01/12/2016) di Exodus Dining, Jakarta.

Menurut Rudiantara, pandangan serupa juga disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani. ”Beliau mengatakan masa depan digital ekonomi di Indonesia ini, ya e-commerce. Bu Sri Mulyani welcome terhadap berbagai pemikiran ataupun apa yang dibutuhkan dari pemerintah, dalam konteks fiskal,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menteri Kominfo berharap semua pihak dapat ikut bersama merumuskan kebutuhan akan industri e-dagang ini. “Nanti kita sama-sama rumuskan kembali apa yang industri butuhkan dari pemerintah. Pemerintah akan sangat terbuka dari semua sektor untuk mendorong ekonomi digital ini,” papar Rudiantara.

Indonesia E-Commerce Award merupakan ajang penganugerahan pertama terkait e-commerce di Indonesia. Menurut Ketua Umum idEA, Aulia Marinto, ajang tersebut berawal dari inisiatif idEA, MARS, dan Majalah SWA, untuk melakukan penelitian terhadap konsumen pasar e-commerce Indonesia. Ide tersebut yang kemudian dikemas menjadi ajang penganugerahan kepada para brand e-commerce di Indonesia.

Berbagai e-commerce berhasil memenangkan kategori terbaik pilihan konsumen, di antaranya aplikasi musik Joox, aplikasi pembanding harga pricearea.com, jasa pengiriman TIKI dan JNE, toko buku online bukupedia.com dan gramedia.com, tiket online Tiket.com, dan berbagai e-commerce lainnya. Sementara itu, aplikasi Traveloka juga berhasil memenangkan dua kategori sekaligus sebagai hotel dan tiket online terbaik.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY