E-Dagang Dorong Pertumbuhan IKM

Kemenperin akan mendata Industri kecil dan menengah. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - E-dagang telah menjadi bagian dari perkembangan perekonomian dunia. Untuk itu, para pengusaha industri kecil dan menengah (IKM) harus melakukan transformasi, dan memanfaatkan e-dagang atau perdagangan berbasis daring dalam memasarkan hasil produksi.

Untuk itu Kementerian Perindustrian (kemenperin) mendorong industri kecil dan menengah (IKM) untuk memanfaatkan e-dagang.

“Kami mendorong IKM menggunakan platform e-commerce untuk industri kecil dan menengah. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada semua itu platform e-commerce,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dikutip dari Antara, Selasa (11/10/2016).

Menurut dia, pemanfaatan e-commerce oleh IKM akan mampu industri kecil dan menengah tersebut tumbuh. Selain itu, Kemenperin juga mendorong pendidikan vokasi untuk profesi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Airlangga juga menyebut pentingnya riset dan pengembangan terkait kegiatan industri dan kolaborasi dengan perguruan tinggi.

Hal lain yang juga ditekankan oleh Airlangga ialah penguatan dan penyediaan bahan baku. Dia menggarisbawahi bahwa sumber daya alam energi bukanlah komoditas yang bisa dijual terus menerus. Karena itu harus digunakan sebaik-baiknya.

Airlangga menyatakan di era revolusi industri yang ke-4 atau Industri 4.0 sudah menggunakan internet untuk mengintegrasikan produksi.

Dia menjelaskan penggunaan internet yang sudah masuk dalam keseharian manusia (internet of things) dan juga sudah mulai diterapkan di dunia perindustrian.

“Jerman sudah mulai sejak 2013. Jadi kalau kita mulai 2016 sama dengan negara-negara maju lain, tidak ketinggalan-ketinggalan amat,” kata Airlangga.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

Leave a Reply