Dukung Wirausaha Muda, Microsoft Gelar Kompetisi Teknologi Imagine Cup

(Dari kiri ke kanan) Puja Pramudya, Anthonius Henricus, Andreas Diantoro, Rico Usthavia Frans, dan Nurul Wakhidatul Ummah berfoto bersama setelah konferensi pers Imagine Cup 2016 di Jakarta (6/4) (Foto: Stevy Widia/Youngsters.ID)

YOUNGSTERS.id - Untuk mendukung generasi muda dalam mewujudkan ide aplikasi bermanfaat bagi masyarakat luas, Microsoft kembali menghadirkan kompetisi Imagine Cup.

Putaran final tingkat nasional dari kompetisi yang ditujukan khusus bagi pelajar dan mahasiswa berbakat Indonesia tersebut diselenggarakan di @America, Pacific Place Jakarta (6/4/2016), dengan diikuti 9 tim developer muda yang bersaing ketat untuk membuktikan kehebatan berbagai aplikasi ciptaan mereka.

Aplikasi-aplikasi yang ditampilkan pada Imagine Cup 2016 begitu beragam. Mulai dari aplikasi ‘IMS+’ yang mampu memonitor pasien rawat inap rumah sakit dengan mendeteksi cairan infus dan mengingatkan jadwal minum obat, aplikasi ‘Froggy the Pesticide’ – sebuah game interaktif yang mengajarkan pengguna tentang bahaya pestisida dan manfaat biopestisida, hingga aplikasi ‘TaniHub’ – sebuah platform e-commerce yang memudahkan para pengguna untuk berbelanja sayur dan buah-buahan segar dengan menghubungkan pengguna langsung kepada para petani.

Menariknya, tahun ini Imagine Cup menerima lebih banyak ide aplikasi yang berkaitan dengan bisnis dan kewirausahaan.

“Kini pola berpikir generasi muda telah semakin kreatif dan solutif – dua fondasi kuat untuk menjadi entrepreneur masa depan. Ditambah dengan penguasaan teknologi di era yang serba digital, kami yakin kelak generasi muda pun dapat menjadi technopreneur handal yang mampu membangun Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar Andreas Diantoro, President Director, Microsoft Indonesia.

Tahun ini gelaran Imagine Cup dilakukan untuk yang ke-11 kali di Indonesia dengan peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan setiap tahunnya.

“Kompetisi Imagine Cup terus berhasil membuktikan bahwa aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh para developer muda dapat menghadirkan solusi nyata bermanfaat yang mampu menangani berbagai tantangan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, Microsoft terus membina dan mendukung para developer muda di Indonesia melalui ajang Imagine Cup agar dapat meningkatkan kapasitas diri serta jiwa kewirausahaan mereka,” ujar Anthonius Henricus, Developer Experience & Evangelism Director, Microsoft Indonesia.

Dari 118 proyek yang terkumpul pada tahap seleksi awal Imagine Cup 2016 tingkat nasional, hanya tiga tim developer muda terbaik yang berhak mewakili Indonesia di semifinal Imagine Cup 2016 tingkat dunia. Para juri telah menentukan tiga pemenang dari masing-masing kategori yang telah ditentukan, yaitu World Citizenship, Innovation dan Games. Ketiga pemenang akan memperebutkan tiket emas ke Seattle, lokasi penyelenggaraan babak final Imagine Cup 2016 tingkat dunia.

 

Alumnus Imagine Cup

Beberapa contoh finalis sekaligus alumnus Imagine Cup yang telah sukses mengembangkan aplikasi mereka yakni CAKRA dan Radya Labs.

CAKRA merupakan pemenang Imagine Cup Indonesia 2014 kategori world citizenship yang sukses mengembangkan aplikasi terapi autis dengan teknologi interaktif. Aplikasi ini telah digunakan oleh kurang lebih 2.000 pengguna yang berasal dari 78 kota di Indonesia dan 6 negara lainnya.

Sementara itu, Radya Labs merupakan pemenang Imagine Cup Indonesia 2010 kategori software design yang telah sukses menjadi sebuah startup di bidang pengembangan perangkat lunak mobile. Radya Labs berhasil membuat beragam aplikasi untuk startup maupun korporasi besar seperti Telkom, Indosat, Telkomsel, Java Jazz Festival, dan D’COST Seafood Restaurant. Mereka juga telah memberikan berbagai pelatihan terkait pengembangan serta pengimplementasian mobile apps kepada beberapa institusi seperti Pertamina dan Menkominfo.

Dalam acara Imagine Cup 2016 yang berupaya untuk mendorong inovasi dan meningkatkan jiwa kewirausahaan generasi muda, Microsoft turut bekerjasama dengan Bank Mandiri.

“Visi dan misi ajang kompetisi Imagine Cup 2016 sejalan dengan semangat Bank Mandiri untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda dan mendukung perkembangan startup di Indonesia. Karena itu, kami mengadakan kolaborasi antara Imagine Cup dengan Wirausaha Muda Mandiri 2016, dimana para finalis Wirausaha Muda Mandiri bidang teknologi digital berkesempatan untuk mengikuti putaran semifinal Imagine Cup 2016. Dengan begitu, mereka dapat menciptakan aplikasi-aplikasi yang berguna bagi bisnis mereka,” ujar Rico Usthavia Frans, Managing Director, Bank Mandiri.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY