DRC 2 Dorong Wirausaha Berdampak Sosial

YOUNGSTERS.id - – Pemberdayaan masyarakat dibidang wira usaha terus dilakukan. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para calon social entrepreneur dengan pengetahuan terkini yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis, serta memberikan solusi permasalahan sosial di masyarakat dengan prinsip-prinsip kewirausahaan.

Salah satunya yang dilakukan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun melalui Datsun Rising Challenge 2 (DRC 2). Ajang ini adalah untuk melahirkan wirausaha baru dengan bisnis yang berkelanjutan.
“Sesuai dengan tema DRC 2, yaitu Social Entrepreneurship, Datsun berharap dapat menemukan sosok agent of change, yaitu para wirausahawan muda yang mampu menciptakan bisnis tidak hanya untuk profitnya sendiri, namun berdampak positif bagi masyarakat,” kata Hana Maharani selaku Head of Communications PT. Nissan Motor Indonesia.

Untuk mengikuti kompetisi ini, para calon peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran DRC 2 dan menyerahkan proposal bisnisnya di website www.datsun.co.id/drc hingga tanggal 20 Januari 2016. di Jakarta, Makassar, Bandung dan Medan.

DRC 2 secara resmi telah dimulai pada tanggal 13 Oktober lalu dan menargetkan lebih dari 2.000 proposal. Dua puluh proposal terbaik akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lokakarya bisnis yang dimentori pakar dari beragam bidang. DRC 2 akan menyeleksi lima proposal terbaik dari seluruh Indonesia. Setiap pemenang akan mendapatkan 1 unit mobil Datsun GO+ Panca dan uang tunai sebesar 50 juta Rupiah, yang dapat digunakan sebagai modal awal usaha.

Datsun juga mengadakan roadshow di beberapa kota besar Indonesia yakni di Jakarta (10-13 November 2015), Makassar (19 November 2015), Bandung (26 November 2015) dan Medan (3-4 Desember 2015). Dilanjutkan di Surabaya (8 Desember 2015), kemudian diikuti kota Banjarmasin (10-11 Desember 2015), Yogya (14-15 Desember 2015) dan Palembang (17-18 Desember 2015).

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme para risers yang tinggi sejak roadshow DRC 2 di kota Jakarta, Makassar, Bandung dan Medan, terbukti dengan ratusan proposal ide bisnis yang sudah terkumpul hingga saat ini. Kami berharap di kota-kota selanjutnya kegiatan roadshow DRC 2 ini juga akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para risers.” jelas Hana.

Kali ini DRC 2 fokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial (social entrepreneurship). Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan para wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial.

 

STEVY WIDIA