Dorong Lahirnya Wirausaha Baru, Kementerian Koperasi dan UKM Salurkan Kredit

Pemerintah telah menurunkan bunga KUR dari 22 % menjadi 9 %. Bahkan tahun depan akan diturunkan lagi menjadi 7 %. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id -  

– Sebagai upaya terus mendorong hadirnya dan mendukung wirausaha baru, Kementerian Koperasi dan UKM telah menggandeng tiga bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kami akan memanfaatkan dana KUR untuk bantuan permodalan bagi wirausaha pemula di 2016 ini”, ucap Prakoso B Susetyo, Deputi Bidang Pengembangan SDM, dalam siaran pers Sabtu (9/1/2016).

Menurut Prakoso, ketiga bank itu akan menyeleksi wirausaha untuk mendapatkan KUR dengan cara yang berbeda. “Di Bank Mandiri yang akan diseleksi adalah wirausaha yang sudah masuk ke level mikro dan kecil. Sedangkan, nantinya, di BRI dan BNI lebih menyorot kepada calon wirausaha pemula yang dinilai memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” kata Prakoso.

Disebeutkan Prakoso, program sejenis yang ada di bank Mandiri, yaitu Wirausaha Muda Mandiri, tetap berjalan seperti biasa. Untuk BRI dan BNI, akan menerapkan program sejenis dengan pola yang berbeda.

“Pemenang dari program wirausaha pemula tersebut akan mendapat bantuan permodalan dari Kemenkop dan UKM berupa dana KUR sebesar di bawah Rp 25 juta tanpa agunan,” jelas Prakoso.

Setelah mendapat KUR, lanjut Prakoso, para wirausaha itu akan mendapat pendampingan dan binaan dari bank yang memberikan KUR. Selain itu, wirausaha pemula juga akan diberikan pelatihan dan pendidikan perkoperasian. Tujuan dari itu semua adalah menumbuhkembangkan UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia

“Mereka akan kita bina hingga mampu mencapai level mikro dan kecil. Dan bila sudah naik level, untuk pengembangan usahanya, wirausaha pemula tersebut akan mendapat tambahan KUR hingga ratusan juta bahkan miliaran, dan tetap tanpa agunan. Untuk sampai level itu, kita akan melakukan seleksi dan pembinaan secara ketat,” tukas Prakoso.

Sepanjang 2016 ini akan ada tiga perhelatan besar terkait program kewirausahaan. Pertama, WMM milik bank Mandiri yang sudah rutin dilaksanakan, kemudian program yang sama dengan BRI dan BNI yang hingga kini terus digodok persiapannya.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY