Dorong Berwirausaha Lewat International Workshop on Entreprenuership for Asia Pacific

Sumber Daya Manusia penting bagi UKM. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Masyarakat usia muda Indonesia terus didorong agar mau berwirausaha. Oleh karena itu Direktorat Kerja Sama Teknik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, pemerintah menggandeng Ciputra Foundation guna menyelenggarakan kegiatan Entrepreneurship Boot Camp.

Kegiatan bertajuk “International Workshop on Entreprenuership for Asia Pacific Phase II” ini akan diselenggarakan pada 29 Februari – 5 Maret 2016 di Jakarta.

Kegiatan pelatihan akan diikuti oleh 14 (empat belas) alumni peserta asal Fiji dan 18 (delapan belas) peserta Indonesia, dan 5 (lima) diantara peserta Indonesia tersebut khusus diundang dari 5 (lima) Propinsi Melanesia di wilayah Timur Indonesia untuk mengembangkan pula SDM di wilayah tersebut sehingga nantinya dapat pula meningkatkan konektivitas dengan negara-negara di wilayah Pasifik.

“Penyelenggaraan workshop merupakan bagian dari program berkesinambungan selama 6 bulan mulai sejak diselenggarakannya workshop pertama pada bulan November 2015, yang bertujuan untuk menanamkan jiwa entrepneurship bagi peserta yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis yang dikelola,” demikian disampaikan oleh Esti Andayani Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI, Duta Besar (Dubes) yang dilansir Indopos, Selasa (1/3).

Untuk diketahui, program pemberian peningkatan kapasitas Indonesia dengan pendekatan non tradisional telah berhasil dilaksanakan di berbagai bidang antara lain  otomotif, kerajinan tangan, food products, pariwisata, marine management, pemberian traktor tangan, pelatihan kepolisian, pemilu dan entrepreuneur.  Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan pola pikir kewirausahaan para peserta dan akhirnya menginspirasi pula masyarakat lainnya guna menciptakan lingkungan entrepreuneurship yang senantiasa berkembang.

Selain workshop, peserta juga nantinya akan mengikuti field visit ke perusahaan UKM Indonesia serta program jalan-jalan ke pusat-pusat wisata di Jakarta dan sekitarnya.

 

STEVY WIDIA