Dorong Anak Muda Jadi Entrepreneur, Shopee Alokasikan Rp 100 Milyar

Shopee luncurkan Young Entrepreneur Program untuk dorong anak muda Indonesia jadi entrepreneur (Foto: Dok. Shopee)

YOUNGSTERS.id - Mengambil momen Indonesia E-Commerce Summit and Expo 2016 di ICE BSD, Shopee–aplikasi mobile social marketplace pertama dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia–meluncurkan inisiatif Young Entrepreneur Program.

Menurut Chris Feng, CEO Shopee, inisiatif itu merupakan komitmen jangka panjang perusahaannya untuk terus mendorong lebih banyak anak muda Indonesia menjadi entrepreneur. Juga, mendukung mereka yang telah memulai bisnis, terutama dalam industri kreatif. Wujud kongkritnya, dengan mengalokasikan investasi sebesar Rp 100 milyar

“Pengusaha muda ketika memulai sebuah bisnis biasanya menghadapi 3 tantangan terbesar, yaitu pengetahuan tentang bisnis, teknologi, dan modal. Dengan investasi Rp 100 milyar ini, Shopee meluncurkan Young Entrepreneur Program sebagai bentuk komitmen jangka panjang untuk mendukung pengusaha muda di Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online,” ungkap Chris, dalam rilisnya, Jumat (29/4/2016).

Menurut Chris, dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, hingga 2015 jumlah pengusaha di Indonesia tercatat hanya kurang dari 2%. Dari dari angka itu hanya 0.8% adalah pengusaha di bawah umur 40 tahun. Padahal anak muda terkenal sebagai yang sering melahirkan ide-ide bisnis kreatif, terutama dalam beberapa subsektor industri kreatif seperti fashion, kuliner, kerajinan dan seni rupa.

“Kami mempersiapkan program dukungan yang lengkap, termasuk di dalamnya adalah dukungan teknologi dengan platform Shopee, pengembangan keterampilan dan pengetahuan mengenai e-commerce yang didapatkan melalui kelas-kelas pelatihan. Juga, dukungan finansial dalam bentuk modal usaha dan subsidi ongkos kirim ke seluruh Indonesia,” terang Chris.

Salah satu inisiatif yang telah dilakukan Shopee di 2016 sebagai bagian dari Young Entrepreneur Program adalah melakukan ajang pencarian pengusaha muda di kampus-kampus seluruh Indonesia.

“Kampus merupakan fokus utama kami dalam menjalankan inisiatif ini. Salah satu yang sedang dijalankan adalah Shopee Campus Competition, yang dimulai sejak Maret 2016 lalu,” ujar Chris.

Diklaim, ada 230 mahasiswa dari 89 universitas seluruh Indonesia berpartisipasi dalam program ini dengan mengirimkan ide bisnis mereka. Setelah melewati pelatihan secara profesional dan benar-benar mencoba berjualan melalui platform Shopee selama 2 bulan terakhir, maka pemenangnya akan diumumkan pada akhir April ini.

“Pemenang akan mendapatkan Shopee Young Entrepreneur Fund, yaitu modal untuk mengembangkan bisnis mereka lebih jauh,” jelas Chris.

Di sisi lain, Shopee juga telah membantu para UKM dalam menaikkan penjualan secara signifikan, yaitu dengan program gratis ongkos kirim yang telah dijalankan sejak Februari 2016 lalu. Hanya dengan minimum pembelian sebesar Rp 30.000, seluruh penjual di Shopee sudah bisa menawarkan gratis ongkos kirim ke pembeli.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY