Diplomasi Budaya Lewat Game Online

Anies Baswedan dan Menlu Australia Hon Julie (foto :au.news)

YOUNGSTERS.id - Indonesia melakukan kerjasama diplomasi budaya dengan Australia melalui platform permainan edukatif. Platform permainan tersebut berupa game online yang dirancang Kedutaan Besar Australia bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asia Education Foundation, dan juga Australia-Indonesia Youth Association.

Game edukatif tersebut merupakan media yang efektif untuk memperkenalkan budaya kedua negara. Baik budaya Indonesia ke generasi muda Australia, maupun sebaliknya.

Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. “Karena membangun persahabatan kedua negara yang saling bertetangga ini, bukan hanya perlu di lakukan di jalur resmi kenegaraan. Melainkan juga perlu dibangun di tingkat generasi muda,” kata Anies dalam peluncuran game online edukatif  “Next Door Land”, Senin (21/3/2016) di Sekolah Dasar Negeri 02 Menteng, Jakarta dilansir kabar24.

Menurut Anies, pengenalan budaya melalui aplikasi permainan edukatif adalah terobosan bagi kondisi generasi muda saat ini yang hidup di era digital.

Peluncuran tersebut dihadiri langsung Menteri Luar Negeri Australia Hon Julie Bishop. Julie mengatakan, Indonesia dan Australia memiliki persamaan pandangan dalam pengembangan pendidikan. Dia berharap penguatan pendidikan di bidang budaya bagi kedua negara bisa sama-sama terjalin melalui program permainan edukatif tersebut.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY