Digital Popular Brand Award 2017, Unjuk Popularitas Brand Di era Digital

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Makin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang menyentuh angka di atas 132 juta pengguna tidak membuat kompetisi merek makin muda. Karena perubahan ini mutlak terjadi dan wajib disikapi secara serius, namun juga solutif dan praktis oleh pengelola brand agar terus hidup di benak pelanggan.

Hal itu yang dibuktikan oleh Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya di era digital berdasarkan 3 parameter pendekatan, yaitu Search Enggine Based (40%), Social Media Based (40%), dan Website Based (20%).

“Indonesia Digital Popular Brand Award 2017, merupakan simbol popularitas dan kepercayaan konsumen di internet. Dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand 2017, sebuah brand akan dipercaya dan dipilih para netizen ketika membeli sebuah produk,” ungkap Tri Raharjo Chairman Tras N Co Research dalam siaran per baru-baru ini.

Menurut dia, konsisten berinovasi dan mulai adaptif terhadap tren perilaku konsumen yang serba digital, membuat banyak merek harus ekstra melakukan digital branding. Itu agar tetap jadi pilihan dan menjadi paling populer di benak konsumen.

“Banyak brand yang tidak terlalu aware dengan digital mulai membuka diri dan serius masuk ke ranah digital untuk menyapa pelanggan dan mempertahankan existing customer-nya dengan baik, sehingga bisa tetap survive dan berkembang. Karena itu, mengukur popularitas sebuah merek di mata netizen, Tras N Co Research menggagas pengukuran popularitas merek di internet melalui ajang Indonesia Digital Popular Brand Award 2017,” kata Tri.

Menurut CEO IMFocus Alex Iskandar, survei Digital Popular Brand dilakukan dari bulan November 2016 hingga Januari 2017. Jumlah merek yang disurvei dalam ajang ini sebanyak lebih dari 1000 merek dan 151 kategori produk dengan metodologi internet based survey.

Untuk melakukan riset ini, kami melakukan 7 (tujuh) tahapan proses, yaitu: pertama, mapping & pengelompokan Merek. Kedua, pengumpulan nama website, FB, instagram & youtube peserta. Ketiga, extract data dari 3 pihak independent. Keempat, pemberian score berdasarkan pembobotan. Kelima, final scoring & quality control. Keenam, rapat keabsahan score FINAL dan ketujuh, pengumuman score final.

Untuk membobot siapa saja yang berhak mendapatkan predikat Indonesia Digital Popular Brand Award, kami menggunakan 3 (tiga) parameter, yakni Search Engine Based – 40%, Social Media Based – 40%, dan Website Based – 20%. Kemudian kriteria pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award diberikan kepada merek-merek dari berbagai kategori produk tertentu yang memenuhi 2 kriteria, yakni merek-merek yang memperoleh nilai populer minimal 10.000 google result dan minimal final index sebesar 10%, dan merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi 3 peringkat teratas pada kategori produknya.

 

Daftar pemenang penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 sebagai berikut:

1. Marcks Kategori Kategori Bedak Tabur,
2. Salicyl Kategori Bedan Kesehatan,
3. Vinilon Kategori Pipa Air PVC,
4. Chitose Kategori Kursi Kantor,
5. Cisangkan Kategori Genteng Beton,
6. Sharp Kategori Vacuum Cleaner,
7. Sharp Kategori Lemari Es,
8. Sharp Kategori Air Conditioner,
9. Wavin Kategori Pipa Air PVC,
10. Bodrex Kategori Obat Sakit Kepala,
11. Bodrex Flu dan Batuk Kategori Obat Flu dan Batuk,
12. Marina Kategori Hand Body Lotion,
13. Fastron Kategori Oli Mobil,
14. Revlon Kategori Lipstik,
15. Revlon Kategori Lipgloss,
16. Revlon Kategori Maskara,
17. Revlon Kategori Blush On,
18. Revlon Kategori Eyeliner,
19. Revlon Kategori Pensil Alis,
20. Revlon Kategori BB Cream,
21. Revlon Kategori Foundation.
22. Epson Kategori Printer,
23. Epson Kategori Tonner Printer,
24. BNI Syariah Kategori Tabungan Syariah,
25. BTN Kategori KPR, Onda Kategori Kran Air,
26. PT Prudential Life Assurance Kategori Asuransi Kesehatan,
27. PT Prudential Life Assurance Kategori Perusahaan Asuransi,
28. PT Prudential Life Assurance Kategori Asuransi Jiwa,
29. Terminix Pest Control Kategori Pembasmi Hama,
30. Citilink Kategori Low Cost Carrier,
31. Astragraphia Fuji Xerox Kategori Toner Printer,
32. Astragraphia Fuji Xerox Kategori Mesin Foto Copy,
33. Quantum Kategori Kompor Gas Portable,
34. Quantum Kategori Regulator Tabung Gas.

 

STEVY WIDIA