Di Peparnas XV Telkom Sediakan Fasilitas ICT Yang Sama Dengan PON

Aminuddin, Ketua Satgas PT Telkom PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat (kanan) sedang memberikan keterangan dalam Med ia Gathering pertama Peparnas XV di Hotel Citarum, Kota Bandung, Jumat (14/10/2016) siang. Aminuddin didampingi Juru Bicara Peparnas XV Dani Ramdhan (tengah) dan Manajer Media Center Peparnas XV Refa Riana. (Foto: Corcomm Telkom/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sukses sebagai penyedia solusi teknologi informasi komunikasi (TIK) pada gelaran Pekan Olahraga Nasioanl (PON) ke-19, PT Telkom kembali ditunjuk sebagai official ICT partner untuk Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat pada 15-24 Oktober 2016.

Bahkan, meski skala kegiatan Peparnas tidak sebesar PON, namun Telkom secara keseluruhan menyiapkan alokasi bandwith sama dengan PON XIX lalu yakni kisaran dari 35 Gigabyte.

“Sebab ini hajatan nasional. Kami berkomitmen berikan layanan maksimal, bahkan lebih, selama Peparnas 2016 ini,” kata Amanuddin, Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom, dalam Media Gathering Peparnas di Bandung, akhir pekan lalu.

Disebutkan Amanuddin, ada sejumlah layanan diberikan Telkom untuk event Peparnas ini. Antara lain, layanan inti TIK disiapkan pada enam titik. Yakni Media Center Utama (MCU) yang berlokasi di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis).

MCU akan diberikan perhatian lebih, karena fasilitas layanan yang menggenapinya. Antara lain: Pojok Media di 13 arena pertandingan, serta outdoor area sebagai area bersantai bagi para jurnalis yang berlokasi di samping MCU.

Setelah enam lokasi tadi, sejumlah titik yang ditingkatkan layanannya adalah akses di venue atau arena pertandingan. Dari biasanya alokasi bandwith 10 Mbps dinaikkan menjadi 20 Mbps agar publik dan media makin lancar akses berselancar di 13 arena pertandingan yang seluruhnya tersebar di Kota Bandung.

“Selain lokasi inti dan venue, kami memberi perhatian khusus di lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas yakni Stadion Siliwangi. Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi, red), yang juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahan kami, PT Telkomsel,” katanya.

Sementara untuk jalur transportasi kedatangan dan kepulangan, Telkom melakukan penguatan di tiga titik utama yakni Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Stasiun Kereta Api Kota Bandung. Termasuk Bandara Internasional Soekarno Hatta, tepatnya di Terminal 3 tempat transit jamaah haji. Pada tiga lokasi tersebut, juga dilakukan penguatan akses jaringan pada layanan Wifi.id mereka.

Demikian pula dengan penguatan fasilitas telekomunikasi Telkom Group pada 13 hotel berbintang di Kota Bandung yang dijadikan tempat menginap dari 1.983 atlet dan 718 offisial, maupun 3.437 orang panitia pelaksana. Hotel tersebut antara lain Hotel Ibis, Hotel Horison, Hotel Grand Preanger, Hotel Grand Tjokro, Hotel New Sany Rosa, dst.

Melalui PT PINS, Telkom juga menyiapkan sejumlah perangkat keras bagi kelancaraan even. Antara lain komputer sekitar 200 unit, CCTV, printer, ip phone, dan LCD yang dilengkapi dengan akses wifi.id yang didukung lebih dari 500 access point.

Sementara itu, Telkomsel Area Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 300 BTS/Base Transciever Station (2G, 3G & 4G) untuk menangani seluruh arene pertandingan. Di dalamnya sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT).

Telkom Group juga akan melibatkan ratusan personel yang siaga 7 x 24 jam untuk menjaga kualitas layanan selama periode penyelenggaraan.

“Jadi, secara keseluruhan kami siapkan bandwith internet, juga layanan sarana TIK dan sumber daya manusia, agar minimal setara PON, dan bahkan lebih. Kami juga terapkan prinsip sama dengan PON, yakni loostroom (melepaskan akses dan bisa ditingkatkan sesuai permintaan kapanpun, red) karena ini ajang nasional yang harus kami berikan yang terbaik,” kata Amanuddin.

Ditambahkan, Ade Sukalsah, Kabag Humas Pemprov Jabar selaku Koordinator Pelayanan Media (Yanmed) PON XIX dan Peparnas XV 2016 mengatakan, fasilitas utama yang diberikan MCU selain ruang kerja, adalah kehadiran ruangan press conference. Ruang kerja disiapkan sekitar 10 komputer personal dan port untuk laptop.

Dengan jam operasional 10.00 s.d 22.00 MCU disertakan sejumlah televisi yang menyajikan informasi, hasil, dan jadwal terkait Peparnas XV. Demikian pula Posko Media yang lebih bersifat etalase media center, terutama di venue pertandingan tertentu, dengan konsep utama semacam help desk dan ruang duduk bagi media. Seluruhnya akan terkoneksi dengan internet nirkabel Telkom.

“Untuk seluruhnya layanan media center aneka bentuk, agar hadir layanan terbaik, kami siapkan sedikitnya 52 komputer personal, 8 unit laptop, 10 TV plasma, 6 unit Mini PC, dan empat unit printer. Insyaallah ini semua akan menunjang kerja semua kawan media dari seluruh Indonesia,” katanya.

 

RADEN DIBI IRNAWAN

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY