Di HUT ke-49, Indosat Ooredoo Klaim 81,6 juta Pelanggan

Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Ulang tahun ke-49, Indosat Ooredoo mengambil tema “Liberating Your World”. Ini menandakan satu tahun reborn (transformasi) menuju perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Termasuk sukses mencatat pencapaian jumlah pelanggan sebesar 81,6 juta pelanggan.

Demikian dikatakan Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, dalam keterangan pers Minggu (20/11/2016) di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Alex menyebutkan, Indosat Ooredoo berhasil mencatat pertumbuhan tahunan double digit untuk bisnis seluler selama sembilan bulan pada 2016, sebesar 11,9%. Pertumbuhan selular yang cukup menggembirakan ini utamanya disebabkan oleh peningkatan pendapatan data, telepon, SMS dan VAS (Value Added Services).

Indosat Ooredoo juga sukses mencatat pencapaian jumlah pelanggan sebesar 81,6 juta pelanggan, meningkat 12,6 juta pelanggan dibandingkan dengan kuartal III 2015. Peningkatan jumlah pelanggan ini merupakan hasil dari produk dan layanan digital menarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam penggunaan layanan digital, data, telepon, SMS, serta VAS.

Ada pun penambahan pelanggan utamanya berasal dari pengguna data yang mendorong pertumbuhan trafik data sebesar 114,2 % dan pertumbuhan pendapatan data sebesar 52,2 % dibanding kuartal III tahun 2015. “Angka tersebut membuktikan bahwa transformasi perusahaan kami berjalan sesuai dengan rencana dan strategi kami,” ujar Alex.

Ia mengatakan, dalam transformasi perusahaan yang baru berjalan satu tahun, Indosat Ooredoo telah meluncurkan sejumlah produk, layanan, hingga pengalaman digital baru kepada pelanggan. Hal ini merupakan komitmen Indosat Ooredoo untuk memberikan akses kepada setiap masyarakat Indonesia ke dunia digital serta membantu Pemerintah Indonesia yang memiliki visi kuat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Dalam kurun setahun, Indosat Ooredoo telah menggandakan jumlah gerai, meningkatkan layanan pelanggan, mengubah tampilan, lingkungan, dan budaya kerja karyawan, hingga peluncuran produk dan layanan digital seperti Paket IM3 Freedom Combo, Paket Stream On Iflix dan Spotify, dan layanan Dompetku.

“Seperti janji kami tahun lalu, Indosat Ooredoo akan menghadirkan layanan digital yang lebih mudah diakses, simpel, dan terjangkau untuk semua pihak sehingga dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata dia.

Menurut dia, tepat satu tahun Indosat Ooredoo bertransformasi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, perusahaan mampu mencatat kinerja yang sangat baik seperti pertumbuhan double digit untuk bisnis seluler, pertumbuhan pendapatan 9,9%, membukukan laba bersih sebesar Rp 845,4 miliar, serta peningkatan jumlah pelanggan yang sangat signifikan.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya tetap menargetkan Indosat Ooredoo sebagai nomor satu dalam pendapatan digital, nomor satu dalam pengalaman digital, dan brand digital pilihan pelanggan nomor satu di Indonesia.

Berbagai inisiatif digital juga diterapkan dalam program kepedulian sosial perusahaan untuk mendukung terwujudkan visi tersebut, antara lain program kompetisi Indosat Ooredoo Wireless Application and Innovations Contest (IWIC), program kompetisi Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC) serta program Coding Class mulai dari usia sekolah dasar melalui berbagai program kompetisi dan edukasi coding bagi anak-anak di wilayah operasional Indosat Ooredoo.

Program pemberdayan perempuan juga memberikan literasi tentang dunia digital seperti program women connected to mobile internet, digital executive women, e-commerce and financial inclusion for women. Semua itu berhasil mencatatkan kinerja positif, baik pada sisi operasional, pelanggan, serta keuangan bagi Indosat Ooredo.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY