Depok Akan Kirim Lima Startup Berlaga di Final Startup Pitch Day Bali

Acara Startup Pitch Day di Depok. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Depok akan mengirim lima startup yang akan bertanding di final Startup Pitch Day di Bali. Kelima startup asal Depok itu adalah Kostoom,  Xwork, Rumah MC, Learn Quran, dan Shipper.

Startup Pitch Day merupakan workshop sekaligus pelatihan pitching bagi para startup yang diinisiasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Startup Pitch Day dilaksanakan di 5 kota, yaitu Depok (30 Agustus), Medan (3 September), Malang (9 September), Bandung (17 September) dan Denpasar (23 September). Final Startup Pitch Day akan dilaksanakan pada 24 – 26 September 2016 di Denpasar Bali.

“Lima startup pilihan telah memenuhi kriteria kami. Salah satunya Shipper yang memiliki positioning kuat, sehingga kami memilihnya untuk tampil di final. Kami berharap, mereka semua akan all out di final yang akan dilaksanakan di Bali,” ujar Sugeng Santos, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf.

Menurut Sugeng, peran Direktorat Akses Non Perbankan Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf adalah memberikan akses permodalan untuk para startup. “Kami melatih para startup untuk terbiasa menghadapi investor dalam upaya mendapatkan investasi. Para mentor dan juri memberi kritik dan saran untuk peningkatan kualitas para startup,” jelas Sugeng.

Startup Pitch Day di Depok terbagi menjadi beberapa agenda kegiatan, yaitu pengantar, mentoring, pitching dan pengumuman 5 startup pilihan.

Pada tahap mentoring, startup terbagi menjadi empat kelompok dengan mentor Sugeng Santoso serta Fajar Anugerah, Dondi Hananto dan Michel Tampi dari Kinara Indonesia. Juri yang menilai sekaligus memberikan saran kepada para startup saat pitching adalah Sugeng, Dondi dan Michel.

Kriteria juri dalam menentukan lima startup pilihan yaitu kejelasan pengucapan saat presentasi, kejelasan informasi, bisnis model, profit yang dihasilkan, skala prioritas usaha dan seberapa besar pengembangan bisnisnya serta tim pendiri startup. Juri memberi waktu 5 menit untuk presentasi dan tanya jawab 3 menit untuk juri.

Dalam pitching ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, clear information: Informasi yang dipaparkan harus jelas. Kedua, bisnis model yang masuk akal dan content yang kuat.

Ketiga, skill ability yang sangat penting dalam pitching. Keempat, team work yang perlu diperhatikan. Pengalaman orang yang terlibat dalam startup mempengaruhi investor dalam menentukan pilihan mereka. Traction dan technology serta product juga merupakan hal yang sering ditanyakan invsetor.

“Jika informasi, bisnis model, skill ability, team work, traction dan technologytidak ada yang excellence, maka vision adalah hal terakhir yang startup tawarkan ke investor. Silakan mencari investor yang mau menjual mimpi kalian,” Jelas Fadjar Hutomo, Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY