DBS Dukung Perkembangan Wirausaha Wanita Melalui Platform Digital

DBS Business Class, DBS Indonesia luncurkan aplikasi digital bagi wirausaha. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kaum wanita di Indonesia semakin berkontribusi terhadap perekonomian terutama dibidang usaha kecil dan menengah (UKM). Melihat melihat peluang besar tersebut Bank DBS Indonesia menggelar lokakarya yang ditujukan untuk wanita wirausaha dengan tema “Kekuatan Konten Marketing untuk Bisnis”.

Director for SME Banking, PT Bank DBS Indonesia, Steffano Ridwan menyatakan, berdasarkan hasil riset dari McKinsey, di Indonesia baru sekitar 30% yang menggunakan instrumen digital dalam mengembangkan usahanya. “Kami melihat platform ini sangat menjanjikan terutama untuk Indonesia dengan wilayah kepulauan. Untuk itu kami selalu menyelipkan topik-topik seputar pengembangan digital dalam usaha peningkatan bisnis UKM. Selain lokakarya ini, baru saja kami meluncurkan aplikasi DBS BusinessClass” katanya pada acara Kedai DBS baru-baru ini.

Menurut data yang disampaikan Steffano, kontribusi kaum perempuan berada pada kisaran 9.1% pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia setiap tahunnya. Angka tersebut masih memiliki potensi untuk terus naik, apabila dibandingkan dengan total kontribusi SME yang ada di Indonesia. Beberapa upaya peningkatan dapat dilakukan, salah satunya dengan penggunaan platform digital secara lebih optimal.

“Lokakarya ini juga merupakan salah satu bukti atas fokus Bank DBS Indonesia dalam mendorong pertumbuhan bisnis UKM. Kami juga meluncurkan jejaring interaktif berbasis digital bernama DBS BusinessClass yang sangat berguna bagi para wirausahawan” kata Steffano menambahkan.

Aplikasi DBS BusinessClass ini memberikan sejumlah manfaat, antara lain berjejaring sosial dengan para pebisnis. Program ini terhubung dengan lebih dari 15.000 pelaku dan pakar bisnis regional dari Singapura, Cina, India, Hong Kong dan Taiwan. Sesama anggota yang terhubung dapat melakukan ‘chat’ langsung di aplikasi mobile DBS BusinessClass.

Selain itu juga bisa berkonsultasi dengan pakar bisnis . Bahkan aplikasi ini memberikan kesempatan untuk para anggotanya mengorganisir, mengundang dan menghadiri acara-acara eksklusif sesama anggota DBS BusinessClass. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di platform iOS (AppStore) dan Android (PlayStore).

Dukungan DBS Indonesia terhadap UKM telah berjalan baik. Sejak Maret tahun ini, DBS di kawasan Asia telah menyelenggarakan lebih dari 10 acara untuk membantu UKM memahami hal-hal yang berkaitan dengan menjalankan bisnis, termasuk pendanaan, manajemen arus kas, model keuangan dan penggalangan dana. Selain itu juga memberi kesempatan eksposur branding perusahaan, mendapatkan informasi mendalam tren pasar serta memperoleh informasi yang relevan dengan minat dan bidang bisnis mereka.

 

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY