Dana Rp 1 Triliyun DKI Bagi UKM

YOUNGSTERS.id - – Pemprov DKI Jakartai mengucurkan dana Rp 1 triliun untuk pinjaman modal bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Pinjaman ini bunganya relatif kecil cuma 1 persen/bulan dan akan diupayakan lebih kecil menjadi setengah persen sebulan atau enam persen setahun.“Pinjaman modal ini kami prioritaskan kepada pelaku UKM di rusun, lokasi binaan, dan lokasi sementara. Syaratnya harus memiliki KTP DKI dan rekening Bank DKI,” demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dilansir Poskotanews di Jakarta.

Pelaku UKM, masing-masing  bisa mendapatkan pinjaman modal mulai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. “Saya akan usahakan bunganya cuma setengah persen agar masyarakat lebih enteng nyicilnya,” kata Basuki.

Dana pinjaman yang disiapkan sebesar Rp 1 triliun, mulai dikucurkan akhir 2015. “Hingga saat ini kami baru memberikan pinjaman kepada 20 ribuan UKM, targetnya 100 ribu orang,” papar Ahok sambil menambahkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta agar melakukan sosialisasi kepada para pelaku UKM.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta Irwandi menyatakan pihaknya sudah berulang kali melakukan sosialisasi kepada par PKL di semua wilayah. “Mereka kami dorong untuk membuka rekening Bank DKI agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk syarat utama mendapatkan pinjaman modal,” kata Irwandi sambil menambahkan kartu rekening juga bisa untuk membayar retribusi dagang.

 

STEVY WIDIA