Citi Indonesia Dan IBL Gelar Program Skilled Youth

Citi Indonesia berkolaborasi dengan Indonesia Business Links (IBL), menggelar program Skilled Youth. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatannya Citi Peka (Peduli dan BerKarya) berkolaborasi dengan Indonesia Business Links (IBL), menggelar program Skilled Youth. Program ini merupakan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menjawab tantangan dunia kerja baik sebagai karyawan maupun wirausaha.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, hal ini merupakan bentuk komitmen dan sumbangsih Citi dalam membantu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan serta berkarya di dunia kerja.

”Sebagai institusi keuangan berskala global, misi kami adalah enabling growth and progress, termasuk untuk masyarakat dimana kami beroperasi. Di Indonesia, kami menjalankan program kemasyarakatan berkesinambungan yang dititikberatkan pada pemberian dukungan dan kesempatan ekonomi untuk generasi muda,” kata Batara dalam keterangan tertulis belum lama ini di Jakarta.

Selama satu tahun penyelenggaraannya, target peserta dari program ini adalah 250 siswa dari sekolah menengah kejuruan dan atas, termasuk SMK yang berlokasi di Cikarang Barat, Karawang, dan Bekasi. Diharapkan 130 penerima manfaat akan memperoleh pekerjaan yang layak dan 20 peserta akan membuka usaha sendiri.

“Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin ketat. Jika tidak diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas, angka pengangguran di Indonesia akan terus bertambah. Kami berharap, kolaborasi IBL bersama Citi Indonesia dapat menginspirasi berbagai sektor untuk dapat bersama-sama berupaya mengatasai masalah pengangguran di Indonesia,” kata Chairman Board of Petron Indonesia Business Links Heru Prasetyo.

Sampai dengan bulan Juni 2016, program ini telah menjaring 492 siswa lewat pelatihan dan pendampingan (197%), jumlah siswa yang telah mendapatkan pekerjaan adalah 170 siswa dari 130 yang ditargetkan (130%), dan jumlah siswa yang telah berkomitmen untuk memulai wirausaha dan sudah memperoleh pendampingan intensif adalah 34 dari 20 yang ditargetkan (170%).

Adapun program ini terdiri dari pelatihan soft skill, keterampilan teknis, pendampingan usaha, penyiapan kerja, serta dukungan lainnya yang dibutuhkan oleh para pemuda untuk memperoleh pekerjaan yang layak, atau membuka lapangan perkerjaan bagi diri mereka sendiri dan orang lain, melalui kewirausahaan.

Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menambahkan, angka capaian dari program ini mengindikasikan bahwa kegiatan yang dijalankan telah membuahkan hasil. Melalui kolaborasi berbagai pihak dan antar institusi, program pemberian kesempatan ekonomi kepada generasi muda dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Data dari Badan Pusat Statistik hingga 2015 menunjukkan bahwa pengangguran pekerja untuk usia 15 tahun ke atas adalah sebanyak 7,560,822 atau 6.18% (Adapun data Angkatan Kerja usia 15 tahun ke atas adalah 122,380,021).

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY