Citi dan Grab Bermitra Untuk Pembayaran Perjalanan

Grab menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di dunia. (Foto dok.Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Citi, bank global ternama, dan Grab, perusahaan penyedia platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan kemitraan di lima negara di kawasan Asia Pasifik. Langkah ini untuk memberi cara mudah dan cepat bagi para pemegang kartu kredit Citibank membayar biaya perjalanan.

Layanan inovatif yang pertama kali tersedia di pasar Asia ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan pembayaran non-tunai bagi lebih banyak konsumen. Layanan ini akan tersedia di Singapura dan Filipina, kemudian disusul dengan Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam waktu dekat. Kemitraan ini menjadi yang pertama bagi Citi dalam mengintegrasikan kartu kreditnya dengan aplikasi layanan transportasi.

“Dikenal dengan reputasinya dalam hal keamanan, kualitas, dan ketersediaan layanan, kini Grab menjadi penyedia platform pemesanan kendaraan terdepan di enam Negara. Bahkan satu dari delapan pengguna ponsel pintar di Asia Tenggara telah menggunakan platform kami. Seiring dengan banyaknya pelanggan yang menggunakan Grab untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-harinya, sebagian besar dari mereka memilih pembayaran non-tunai dengan mengadopsi GrabPay. Untuk menikmati pengalaman perjalanan yang lebih mulus dan nyaman. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Citi untuk lebih meningkatkan kemampuan loyalitas terbaik di kelasnya (best-in-class loyalty capabilities) guna mempermudah pelayanan serta memberikan penghargaan bagi para pelanggan kami di kawasan ini,” tutur Joel Yarbrough, Head of Payments and Commerce Product, Grab dalam siaran pers, baru-baru ini di Jakarta.

Sebagai tahap awal, pelanggan yang menambahkan kartu kredit Citi miliknya ke dalam platformpembayaran ponsel, GrabPay, akan menerima potongan harga pada perjalanan pertamanya. Sementara, pelanggan Grab yang mendaftarkartu kredit Citi melalui kerja sama ini dapat menikmati sejumlah perjalanan gratis dengan nilai mencapai US$50.

“Strategi consumer banking kami adalah menjadi bank digital terdepan di dunia yang memberikan pengalaman konsumen tak tertandingi dalam ekosistem-ekosistem digital utama. Kami memahami bahwa pesatnya tingkat adopsi ponsel dan saluran digital lainnya telah sepenuhnya mentransformasicara dan tempat masyarakat melakukan transaksi perbankan dan kami sangat senang dapat menjalin kemitraan dengan Grab. Integrasi layanan kami ke dalam aplikasi-aplikasi utama seperti Grab juga akan mendorong pertumbuhan bisnis kartu kredit melalui akuisisi baru dan peningkatan loyalitas pelanggan,” ungkap Anand Selva, Head of Asia Pacific Consumer Banking for Citi.

Pada tahap selanjutnya, para pelanggan dapat membayar biaya perjalanan Grab mereka menggunakan poin kartu kredit. Para pemegang kartu kredit Citibank yang menggunakan kartu kredit Citi miliknya di GrabPay akan menerima SMS dari Citi untuk mengonfirmasi apakah mereka ingin menggunakan poinnya untuk membayar biaya perjalanan. Setelah mengirimkan balasan persetujuan, penukaran akan terjadi secara otomatis dan tercantum dalam tagihan bulanan pelanggan.

Cara pembayaran inovatif untuk layanan perjalanan ini memungkinkan para pemegang kartu kredit menukarkan poin mereka dengan transaksi sederhana sehari-hari sesuai dengan keinginan mereka dalam satu langkah mudah.

Saat ini, Grab beroperasi di 30 kota yang tersebar di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam–berbagai pasar dan kota di mana Citi menawarkan layanan consumer banking-nya, termasuk kartu kredit. Grab adalah penyedia platformpemesanan kendaraan terkemuka berskala regional yang menggunakan pendekatan khusus dan menawarkan beragam layanan–GrabTaxi, GrabCar, GrabBike, GrabHitch dan GrabExpress – yang relevan dan dinikmati konsumen.

STEVY WIDIA