Canon PhotoMarathon 2016 Sukses di Yogyakarta

Sebanyak 1.857 peserta di Canon PhotoMarathon Indonesia Yogyakarta 2016. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kompetisi fotografi paling akbar se-Indonesia dan Asia Canon PhotoMarathon Indonesia, untuk ke enam kalinya digelar di Yogyakarta. Pemenang Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 – Yogyakarta dimenangkan oleh Nursanto.

Ajang bergengsi fotografi ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur DaerahIstimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X didampingi Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip akhir pekan ini di Hartono Mall.

Sebanyak 1.857 peserta dari berbagai kalangan dan daerah DIY, JawaTengah, Jawa Timur, hingga Sumatera membaur memeriahkan CanonPhotoMarathon Indonesia 2016.

Selama kompetisi berlangsung antusias peserta tidak menurun dari awal hingga akhir acara. Meskipun rangkaian acara selesai sampai malam. Dalam kesempatan ini para peserta ditantang untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik dengan tema pertama yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Kemudian disusul tantangan tema kedua, yaitu “Generasi Penerus”, hingga yang terakhir tema ketiga, yaitu “Senja di Yogyakarta. Dimasing-masing tema, para peserta diberi batasan waktu untuk berburu foto dan mengunggah hasil foto terbaik mereka untuk dilombakan. , beserta dewan juri dan pembicara seminar fotografi.

Para juri akan menyeleski foto-foto para peserta yang dihasilkan dari keterampilan dan kreativitas spontan. Para juri yakni Budi Prast (Fotografer Profesional & Pewarta Foto), Misbachul Munir (Fotografer Profesional &Instruktur Fotografu), Ray Bachtiar (Fotografer Profesional), Sutomo (FotograferProfesional & Pewarta Foto), Yadi Yasin (Fotografer), dan Holy Simon (Kepala TimKreatif, PT Datascrip.

Selain kategori umum, Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 ini juga membuka kategori pelajar.

“Adanya kategori pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan minat dan keterampilan fotografi masyarakat termasuk memupuk para fotografer muda. Kategori lomba ini dikhususkan bagi para pelajar SD atau yang sederajat hingga SMA atau yang sederajat,” kata Sintra Wong – Division Managerof Canon Image Communication Product Div., pt. Datascrip.

Keceriaan acara semakin terasa dengan adanya permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara sehingga aktivitas dari siang hingga malam hari tidak membuat bosan para peserta. Di antara ribuan peserta tersebut terlihat sosok artis dan penyanyi muda Adila Fitri yang ternyata turut berpartisipasi dalam acara lomba ini.

“Selain lomba foto, ajang ini juga menjadi sarana silaturahmi dan bertukar informasiantar para fotografer dari berbagai daerah. Peserta juga bisa menggali ilmu di sesiseminar yang dibawakan langsung oleh Yulianus Ladung, fotografer profesional yangterkenal dengan keahlian fotografer industrialnya,” sahut Merry Harun, Canon DivisionDirector pt. Datascrip.

Kompetisi fotografi ini menunjukkan Canon Photo Marathon Indonesia tidak hanya menarik untuk kalangan fotografer profesional, namun juga untuk pemula. Karena di ajang ini juga peserta bisa menambah wawasan, kenalan bahkan bersenang-senang sambil berswafoto bersama.

Pemenang mendapatkan Kamera DSLRCanon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip Photo Clinicke Jepang bersama dengan juara umum dari Surabaya dan Jakarta. Mereka akan mewakili Indonesia untuk kemudian dikumpulkan dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2016 lainnya. Setelah Yogyakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia akan berlanjut di Jakarta, 12 November 2016 mendatang.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY