Butuh SDM Berkualitas Untuk Dukung Ekosistem Startup

Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara 10th Research Day FEB UI 2016. (Foto: ui.ac.id/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Hingga mendekati penghujung tahun 2016 ini geliat para Startup Tanah Air dalam membangun sebuah bisnis perusahaan rintisan semakin bergairah. Untuk itu peningkatan kualitas sumber daya manusia demi terbentuknya ekosistem startup menjadi hal penting.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. “Kami menginginkan tidak hanya 1 Nadiem (CEO dan Pendiri Go-Jek), tapi banyak Nadiem yang bisa menyelesaikan permasalahan sosial dengan memanfaatkan digital technology,” kata Rudiantara saat menjadi pembicara kunci pada acara 10th Research Day FEB UI 2016, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI belum lama ini.

Terkait peran universitas, Rudiantara juga mendorong FEB UI untuk turut mendukung upaya pemerintah dengan melahirkan penelitian dan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bisnis startup.

Menurut dia peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung terbentuknya ekosistem startup. Ada banyak hal penting yang harus dipahami bagi para Starup. Misal saja dengan memasukkan ilmu coding dalam kurikulum SMK, serta program “Coding Mum” yang digagas Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Selain itu, tak kalah pentingnya Rudiantara mengatakan pemerintah saat ini juga tengah menyiapkan skema pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menggenjot perkembangan startup. Pendanaan adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan awal para startup.

Selain itu, aplikasi-aplikasi yang diciptakan startup, lanjutnya, dapat memudahkan aktivitas masyarakat serta berpeluang membuka lapangan kerja. Tak hanya itu, antara satu aplikasi dan aplikasi lainya dapat bekerja sama untuk saling memanfaatkan konsep bisnis.

Selain Rudiantara yang hadir sebagai pembicara kunci, dalam acara tersebut juga hadir lima pembicara lainnya yaitu Ketua Program MM FEB UI Harryaadin Mahardika,Ph.D., Direktur PT Trakindo Utama Setio Anggoro Dewo, Ph.D., Dosen FEB UI Ibrahim Kholilul Rohman, Ph.D., Founder & CEO Touchten Anton Soeharyo, Founder & CEO iGrow Andreas Senjaya.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY