BRI Bangun Co-working Space di Bandung

Direktur Konsumen BRI Sis Apik Wijayanto meresmikan Co-Working Space di Kota Bandung. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus mendukung perkembangan ekonomi kreatif dan digital. Salah satu langkah dukungan adalah untuk pertama kalinya meresmikan co-working space bersama dengan Co&Co dengan nama “Co&Co Workshare Supported by Bank BRI” yang berlokasi di Bandung.

Tempat ini diharapkan menjadi fasilitas pendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan ide-idenya, berkolaborasi dengan sesama startup dari berbagai industri dan latar belakang, serta menciptakan sinergi antara BRI dengan komunitas kreatif dan ekosistem digital.

“Ini adalah pertama kalinya BRI mendirikan working space. Kami akan berikan fasilitas akses wifi, ruang meeting, ruang ide, ruang koloni bersama, dan ruang e-banking BRI,” ucap Sis Apik Wijayanto Direktur Konsumer BRI dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurutnya, Bandung dipilih oleh perusahaan lantaran kota kembang tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kota kreatif, di sana banyak rintisan usaha ekonomi kreatif terlahir dan bertumbuh besar. Sis menuturkan tidak menutup kemungkinan BRI akan membuka co-working space lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Sis melanjutkan, BRI akan memantau dan mengevaluasi seluruh kegiatan bisnis dari seluruh pelaku usaha yang berkecimpung di dalam co-working space tersebut. Sebab mereka berpeluang besar untuk diajak kolaborasi dan menguji produknya di jaringan yang dimiliki BRI.

Banyak sisi positif, kata Sis, yang bisa ditimbulkan lewat hadirnya co-working space. Salah satunya, dari suatu riset menyatakan bahwa generasi muda lebih menyukai budaya dan lingkungan kerja yang menekankan kerja sama tim, transparansi, dan kebersamaan dalam komunitas.

Menurut The Global Coworking Survey 2015-2016 pertumbuhan co-working space selama 12 bulan terakhir mencapai 36%, jumlah anggota 30% lebih banyak dari dua tahun yang lalu, dan rata-rata anggota di Asia adalah terbanyak dibandingkan dengan benua lainnya.

“Banyak sisi positif yang dapat diperoleh dari bekerja di co-working space. Hal inilah yang mendorong kami untuk meresmikan Co&Co Workshare Supported by Bank BRI,” pungkas Sis.

Tempat ini didesain oleh BRI dan Co&Co dengan fungsi dan fasilitas yang cukup memadai, layaknya sebuah tempat kerja bagi para penggiat startup yang sudah banyak ada sebelumnya. Di bagian depan, terdapat fasilitas BRIDIGITAL yakni produk layanan perbankan terkini BRI yang terkait dengan layanan digital, antara lain Cash Recycling Machine (CRM), perangkat Electronic Data Capture (EDC), Smart PC, dan Smart TV. Sedangkan untuk fasilitas co-working space dilengkapi dengan berbagai fungsi ruang, antara lain ruang publik, ruang pertemuan, ruang ide, ruang privat, dapur, dan kantin.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY