Blanja.com Gandeng Ribuan UKM

Blanja.com milik Metraplasa, anak usaha dari Telkom. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Marketplace besutan Telkom dan eBay, Blanja.com telah menggandeng ribuan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masuk ke platformnya. Bahkan e-commerce ini sudah siap bersinergi dengan program BUMN lain untuk mengembangkan bisnis UKM Indonesia.

“Ada sekitar 4 ribuan pelaku UKM menjadi mitra dari Blanja.com. Sekitar 1.100 UKM itu diantaranya merupakan mitra binaan UKM. Transaksi mereka meroket setelah gabung di Blanja.com,” ungkap Aulia E Marinto CEO Blanja.com dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut dia, Blanja.com sudah siap bersinergi dengan bank-bank pelat merah atau lembaga pembiayaan lainnya untuk membantu UKM menjadi berdaya saing dan mandiri. Termasuk sudah mempersiapkan kapasitas dan operasional.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Kementrian BUMN yang mendorong Bank-Bank BUMN membantu UKM melalui Blanja.com. Ini sangat sejalan dengan visi dan misi blanja.com dimana kami hadir salah satunya untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis UKM Indonesia melalui platform eCommerce marketplace yang kami miliki. Dan ini akan membuat UKM Indonesia memenangkan pasar Masyarakat Ekonomi Asean ke depannya. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno menggalang sinergi empat Bank BUMN, Mandiri, BRI, BNI dan BTN dengan Telkom guna membantu permodalan UKM, sekaligus menempatkan hasil produk UKM pada Blanja.com.

Tidak hanya produk mitra binaan BUMN, tetapi juga produk-produk langsung dari BUMN yang bersangkutan. “Saat ini produk-produk BUMN dan mitra binaan sudah ada di Blanja.com. Namun dengan kerja sama dan sinergi ini diharapkan volume penjualan bisa meningkat,” ujar Rini.

Nantinya, Bank-bank BUMN tak hanya membantu pendanaan tetapu juga menyiapkan sistem pembayaran digitalnya.

STEVY WIDIA