Bisnis Waralaba Indonesia Sudah Bisa Ekspansi

Bisnis Waralaba Lokal (ilustrasi)

YOUNGSTERS.id - Bisnis waralaba asal Indonesia tidak kalah bagusnya dengan bisnis waralaba luar negeri yang sudah ada di Indonesia. Karena itu perlu didorong untuk bisa ekspansi ke luar negeri.

Demikian disampaikan Anang Sukandar Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).  “Sumber daya manusia hampir 25 persen di industri franchise maupun business opportunity,” katanya seperti dikutip dari siaran persnya, awal pekan ini.

Anang yakin industri waralaba lokal sudah bisa ekspansi ke luar negeri, dan bisa membangun cabang atau outlet di sana. Hal itu  dikarenakan bisnis waralaba asal Indonesia tidak kalah bagusnya dengan bisnis waralaba luar negeri yang sudah ada di Indonesia.

Untuk itu AFI bersama NEO Organizer kembali menyelenggarakan pameran Info Franchise dan Business Concept 2016 (IFBC) di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta, pada 18-20 Maret 2016. Event kali ini mengusung tema “Empowering Indonesian Entrepreneurs” atau “Pemberdayaan Wirausaha Indonesia” menghadirkan ragam referensi peluang bisnis franchise maupun peluang usaha serta keagenan partnership atau kemitraan.

Franchise dan business opportunity di kegiatan pameran IFBC ini menawarkan investasi, mulai dari Rp3 juta hingga miliaran rupiah. Ragam usaha yang dihadirkan antara lain usaha retail seperti Indomaret, Toserba Elektrik, Verona, Jocelyns Parfume Boutique, Zelegie Hoki Fashion.

Usaha kuliner yang selalu diminati pun tersedia, California Fried Chicken, Dapur Tempur, Kebab Turki Baba Rafi, Bakmi Naga Resto, Sari Roti, Mie Kota Batavia, dan masih banyak lagi.

Ada juga usaha perawatan kesehatan seperti Taman Sari Royal Heritage Spa, Bambu Spa, RH & ZAC Family Spa, Royal Garden Spa, juga Dr.Maharani Aesthetic. Pada usaha pendidikan tersedia Eye Level Education, Bimbel Ranking, dan Grolier. Pecinta dunia otomotif dapat bermitra dengan Auto Bridal Indonesia, Fox Auto Indonesia, HD Car Care, King Auto Interior, dan Pinky Protection. Pada usaha jasa perjalanan wisata terdapat Aero Ticket, dan Holygracia Travel.

Terdapat juga usaha lainnya yang tidak kalah menarik dan bisa menjadi pilihan Anda berwirausaha seperti, Indosat Ooredoo, Zahir Accounting Software, Catur Pilar GoodyBag, PT.Wedhatama Sukses Makmur, Inmarch Printing, Tabungan Cerdas, Ednovation Kemitraan Budidaya Ikan Kerapu, dan Raja Gerobak.

Pameran ini merupakan salah satu bagian dari upaya pemerintah guna meningkatkan jumlah wirausahawan yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian rakyat.

 

STEVY WIDIA