Bidik Kalangan UKM, XL Tawarkan Layanan Mobile Broadband XL Biz

Chief Digital Services Officer XL, Joseph Lumban Gaol: Bidik Kalangan UKM, XL Tawarkan Layanan Mobile Broadband XL Biz (Foto: XL/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kebutuhan atas layanan Data yang terus meningkat di kalangan pelaku bisnis segmen usaha kecil menengah (UKM) Indonesia. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) menawarkan solusi melalui layanan mobile broadband (MBB) “XL Biz”, yang dirancang khusus untuk kalangan UKM.

Menurut Joseph Lumban Gaol, Chief Digital Services Officer XL, berdasarkan beberapa hasil survey, ada tiga fakta menarik mengenai kebutuhan atas akses internet dan layanann Data di kalangan UKM. Pertama, mereka membutuhkan internet untuk penetrasi pasar mereka. Kedua, pelaku UKM rata-rata menggunakan perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan akses internetnya. Ketiga, mereka kurang puas dengan kinerja layanan internet yang sudah ada.

“Fakta-fakta  tersebut menjadi membuka peluang bagi XL untuk menghadirkan layanan MBB bagi UKM,” ucap Joseph.

Akses internet semakin menjadi keseharian pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya. Menurut Joseph, sekitar 20% pelaku UKM di Jabodetabek memiliki toko online sendiri untuk memasarkan produk dan layanannya. Di sisi lain, mereka membutuhkan akses internet yang lebih berkualitas, lebih cepat dan stabil, serta sesuai dengan kemampuan anggaran sebagai pelaku bisnis menengah kecil.

“Hasil survey yang didapatkan XL menyebutkan, banyak di antara mereka yang tidak puas dengan layanan akses internet yang ada saat ini,” jelas Joseph.

Diklaim Joseph, sejumlah keunggulan melekat pada layanan MMB dari XL yang sesuai dengan kebutuhan kalangan UKM. Pertama, secara produk, layanan MBB memang memiliki kemampuan lebih. Antara lain, beroperasi di jaringan 4G LTE, harga paket layanan data yang paling kompetitif, serta disertai dengan layanan nilai tambah yang relevan bagi segmen UKM. Selain itu, perangkat router atau Mi-Fi sudah termasuk dalam dalam paket bundling.

Lagi, layanan ini juga mendapatkan dukungan jaringan yang luas, yaitu di semua kota atau wilayah yang telah terlayani jaringan 4G LTE. Hingga saat ini sudah ada 88 kota dan akan terus bertambah dalam waktu cepat. Jaringan untuk 4G LTE milik XL juga memiliki kapasitas yang besar, yaitu 15 Mhz, yang akan sangat leluasa untuk mendukung layanan internet dengan kecepatan dan kestabilan koneksi yang maksimal. Layanan mobile broadband ini mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps. Selain itu, dengan spesifikasi teknis yang unggul, perangkat mampu menangkap sinyal 4G LTE di dalam ruangan secara kuat.

Ada dua paket bundling yang ditawarkan dengan kartu prabayar XL Biz. Pertama, paket 90GB untuk masa penggunaan 3 bulan, seharga Rp 749.000. Sementara itu, pada paket pasca bayar, XL menawarkan paket dengan kuota sebesar masing-masing 30GB, 60GB, dan 120GB, dengan harga masing-masing Rp 280.000, Rp 380.000, dan Rp 680.000. Paket ini ditawarkan dengan kontrak selama 1 tahun dan bonus promo layanan digital XL.

Untuk lebih meningkatkan penetrasi pemasaran layanan MBB XL Biz ini di kalangan UKM, XL pun membuka kesempatan kemitraan kepada kalangan usaha. XLmenawarkan benefit bagi hasil yang menarik kepada para mitra. Syarat untuk menjadi mitra antara lain berupa berbentuk badan usaha, memiliki tim penjualan langsung, memiliki pengalaman dalam direct sales, memiliki pengalaman menjual kartu kredit dan elektronik, serta memiliki akses ke kalangan UKM.

“XL mentargetkan memiliki mitra sebanyak 1000 mitra hingga tahun 2017 nanti. Hingga akhir tahun tersebut, XL menargetkan dapat melayani sejumlah 80.000 pelanggan UKM,” pungkas Joseph.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY